Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlatar Belakang Politisi, Agus Gumiwang Jabat Menteri Perindustrian

Kompas.com - 23/10/2019, 09:42 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menunjuk Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Indonesia Maju.

Hal itu disampaikan Presiden saat mengumunkan jajaran kabinet yang akan membantunya pada 2019-2024 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Agus bukan orang baru di kabinet. Pada Kebinet Kerja, ia menjabat sebagai Menteri Sosial sejak Agustus 2018. Saat itu ia menggantikan Idrus Marham yang jadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pria lulusan Program Doktor Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran memiliki latar belakang sebagai seorang politisi dari Partai Golkar. Di Partai Golkar, ia sempat menjabat Sekretaris Fraksi di DPR.

Sebelum jadi menteri, Agus sempat menjadi Anggota DPR RI Periode 2009-2014.

Pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969 ini juga sempat menjabat sebagai bendahara tim kampanye kandidat nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Dipilihnya Agus sebagai Menteri Perindustrian menambah panjang polikus Golkar di kementerian tersebut. Sebelum Agus, Airlangga Hartarto, MS Hidayat juga sempat menjabat Menteri Perindustrian, Fahmi Idris hingga Jusuf Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com