Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Z Lebih Ambisius dan Optimistis Ketimbang Milenial

Kompas.com - 30/10/2019, 08:14 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada hal menarik saat generasi Z, yang lahir antara tahun 1997-2010 memasuki dunia kerja.

Dari survei yang diselenggarakan perusahaan konsultan Korn Ferry, generasi Z lebih optimistis, banyak tujuan, dan lebih tahan terhadap tekanan atau stress di tempat kerja ketimbang generasi milenial (1982-1996).

Hasil survei menunjukkan, dua pertiga responden atau sekitar 60 persen percaya Gen Z lebih optimistis tentang masa depan ketimbang milenial.

Sementara 53 persen responden mengatakan Gen Z akan membawa lebih banyak motivasi ke tempat kerja dibanding dengan generasi milenial, dan lebih dari 54 persen responden berpendapat Gen Z lebih menekankan pada pekerjaan yang memiliki tujuan.

Baca juga : Generasi Z, Belajarlah dari Kesalahan Generasi Milenial saat Bekerja

"Gen Z lebih optimistis didukung dengan fakta bahwa generasi tersebut adalah generasi yang baru memasuki dunia kerja profesional. Mereka masih sangat bersemangat dan siap menghadapi segala tantangan yang akan muncul," kata principal Advisory Korn Ferry Indonesia Melisa Soentoro dalam siaran pers, Rabu (30/10/2019).

Melisa mengatakan, aspek lain yang mempengaruhi milenial dan generasi Z adalah faktor lingkungan yang membentuk pola pengasuhan tertentu.

Di sisi lain generasi milenial membutuhkan umpan balik yang konsisten. Umpan balik ini merupakan kunci utama untuk mengelola kelompok milenial di tempat kerja.

Milenial, akan termotivasi oleh kepercayaan kepada para pemimpin dan punya peluang untuk tumbuh dan berkembang.

"Oleh karena itu, para pemimpin perusahaan yang memahami perbedaan dalam beragam generasi dapat memupuk kolaborasi yang lebih besar di antara seluruh karyawan untuk mencapai keberhasilan perusahaan," ucap Melisa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com