Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dampak Ekonomi Digital, Grab Berkontribusi sampai Rp 8,9 triliun untuk Surabaya

Kompas.com - 04/11/2019, 19:44 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics melaksanakan riset menghitung dampak kehadiran ekonomi digital bagi masyarakat.

Dalam survei tersebut, Grab sebagai salah satu penggerak ekonomi digital dijadikan sebagai studi kasus.

Jika sebelumnya, Kompas.com, Kamis (24/10/2019) membagikan hasil dari penelitian bahwa Bandung mendapatkan kontribusi sebesar 10,1 triliun, kini dari rilis yang diterima Kompas.com, Senin (4/11/2019), Surabaya juga mendapatkan dampak penerimaan yang juga besar, yakni sampai Rp 8,9 triliun.

Studi tersebut masih merujuk data yang sama, yakni seberapa besar dampak kehadiran ekonomi digital bagi masyarakat, baik sebagai produsen maupun konsumen.

Dampak ekonomi digital yang positif adalah komitmen Grab for Good yang diperkenalkan Grab pada September 2019. Grab ingin memberdayakan lebih banyak masyarakat Asia Tenggara untuk menjangkau sejumlah akses krusial ke teknologi, peningkatan keterampilan, dan layanan digital yang bagi sebagian orang merupakan kesempatan pertama kalinya.

Hal ini akan mendorong mereka untuk menjadi bagian dari ekonomi digital yang tengah tumbuh dengan pesat dan memberikan mereka lebih banyak pilihan serta kesempatan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.

Seberapa besar dampak untuk Surabaya

Riset pertama yang dilakukan pada periode November - Desember 2018 oleh CSIS dan Tenggara Strategics menghitung kontribusi kehadiran Grab bagi masyarakat yang berperan sebagai produsen atau penyedia jasa ekonomi digital.

Dalam konteks ekosistem Grab, mereka adalah mitra pengemudi GrabCar, GrabBike, merchant (restoran, kafe, atau warung) GrabFood, dan agen GrabKios—yang sebelumnya bernama Kudo.

Dari survei yang dilakukan di lima kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan, dapat diestimasi kehadiran Grab telah memberi kontribusi kepada ekonomi nasional itu didapat salah satunya melalui penciptaan lapangan tenaga kerja.

Ilustrasi GrabBikeDok. Grab Ilustrasi GrabBike

 

Dari data terlihat bahwa 32 persen mitra GrabBike dan 24 persen mitra GrabCar sebelumnya tidak memiliki pendapatan tetap.

Dengan menawarkan peluang pendapatan kepada sekitar 300.000 pengemudi dan 40.000 agen GrabKios individual yang sebelumnya menganggur, diperkirakan input ekonomi Grab mencapai Rp 16,4 triliun pada 2018.

Khusus di kota Surabaya, seperti yang juga disebut dalam pembuka tulisan ini, data menunjukkan Grab berkontribusi sebesar Rp 8,9 triliun pada 2018. Kontribusi terbesar dihasilkan oleh mitra GrabFood sejumlah Rp 4,2 triliun, diikuti GrabBike sebesar Rp 3,5 triliun, GrabCar senilai Rp 1,1 triliun, GrabKios individual dan toko sebesar Rp 49 miliar.

Sementara, pendapatan mitra pengemudi GrabBike meningkat sebesar 144 persen dan GrabCar sebesar 114 persen. Juga, penjualan mingguan mitra merchant GrabFood meningkat sebesar 34 persen.

Selain meningkatkan pendapatan para mitra, Grab juga berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja. Ada 38 persen mitra pengemudi GrabBike, 40 persen agen individual GrabKios, serta 35 persen mitra pengemudi GrabCar yang sebelumnya tidak memiliki penghasilan, kini dapat memperoleh penghasilan setelah bermitra dengan Grab.

Manfaat di sisi konsumen

Adapun peningkatan kesejahteraan masyarakat dari sisi konsumen yang diteliti dalam studi tersebut, berupa surplus konsumen yang dirasakan oleh konsumen GrabBike dan GrabCar di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekais (Jabodetabek).

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com