Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Keuangan Prima Menghadapi Rencana PHK Perusahaan

Kompas.com - 06/11/2019, 08:01 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com – Pemutusan Hak Kerja (PHK) merupakan sebuah hal yang sangat mempengaruhi kondisi finansial Anda. Sebagian perusahaan mungkin akan memberikan kabar beberapa waktu sebelum keputusan PHK Anda, namun beberapa perusahaan lainnya memberikan keputusan PHK secara mendadak.

Kemungkinan terpuruknya kondisi finansial pasca PHK memang akan membuat Anda ketar-ketir. Oleh sebab itu persiapan finansial sangat dibutuhkan. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk tetap berada dalam kondisi finansial yang baik pasca PHK ?

“Perusahaan berevolusi, berubah dan gagal. Karyawan dan pemilik bisnis, perlu dipersiapkan untuk hal yang tidak terduga," kata Mike Silane, seorang perencana keuangan dari 21 West Wealth Management, melansir CNN, Rabu (6/11/2019).

Baca juga: Sofyan Basir Bebas, Bagaimana Nasib Proyek PLTU Riau-1?

Berikut 5 tips keuangan prima yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan kondisi finansial Anda menjelang PHK:

1. Siapkan Dana Darurat

Dalam menghadapi rencana PHK hal penting yang harus Anda persiapkan adalah memiliki dana darurat dalam bentuk tabungan. Mike Zung, seorang perencana keuangan di Java Wealth menyebut bahwa jumlahnya tabungan Anda harus disesuaikan dengan kapasitas jabatan Anda.

Jika Anda berada pada jabatan menengah ke bawah, persiapkanlah dana darurat untuk tiga bulan ke depan. Selain itu, pastikan Anda untuk tidak menggunakan kredit sebagai pengganti dana darurat Anda. Hal ini mengingat bahwa kredit akan menimbulkan biaya tambahan berbentuk bunga.

Baca juga: CEO Twitter Sindir Mark Zuckerberg Terkait Logo Baru Facebook

2. Periksa pengeluaran Anda

Untuk melakukan penghematan pada kondisi finansial yang belum stabil, ada baiknya jika Anda memeriksa pengeluaran Anda dan melakukan riset kecil mengenai pengeluaran bulanan Anda. Selain membayar utang kartu kredit dan tagihan lainnya, ada baiknya jika Anda melunasi segala jenis hutan Anda.

Ini juga merupakan saat yang tepat untuk mulai memiliki gaya hidup yang sesuai dengan pendapatan Anda. Jika Anda berpikir Anda mungkin akan diberhentikan, telusuri anggaran Anda dan lihat pengeluaran apa yang bisa Anda potong.

Baca juga: Facebook: Perkembangan Cryptocurrency Lebih Sulit daripada Media Sosial

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com