Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Kementerian yang Paling Banyak Diadukan | Pemindahan Ibu Kota

Kompas.com - 07/11/2019, 06:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan segera membuka rekrutmen PNS. Ada ribuan posisi yang ditawarkan dalam proses tersebut.

Terkait dengan rekrutmen PNS, ombudsman mengevaluasi pelaksanaan penerimaan PNS pada 2018. Dari evaluasi tersebut, ada sejumlah kementerian yang paling banyak diadukan oleh peserta.

Berita tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Rabu (7/11/2019). Berita lainnya adalah soal proses pemindahan Ibu Kota. Berikut daftar lima berita terpopuler sepanjang hari kemarin:

1. Kementerian Apa yang Paling Banyak Diadukan soal CPNS?

Ombudsman menyebut sejumlah aduan yang mereka terima setelah seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) tahun 2018 lalu.

"Tahun lalu itu banyak sekali laporan atau aduan yang diterima, hampir 2.000 aduan," ucap Anggota Ombudsman Laode Ida di gedung Ombudsman Indonesia di Jakarta, Rabu (06/11/2019).

Laode mengatakan Ombudsman menerima laporan atau aduan baik dari peserta maupun calon peserta CPNS. Selengkapnya silakan baca di sini.

2. Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Bukan Hanya Memindahkan Istana...

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menegaskan pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimatan bukan hanya sekadar perpindahan tempat.

Menurut Jokowi, ibu kota baru akan mengalami banyak perubahan baik tempat dan sistem kerja yang digunakan.

"Ini bukan hanya semata-mata memindahkan istana namun kami akan membangun kota yang smart dan metropolitan," ujar Presiden saat pembukaan acara Indonesia Infrastructure Week di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi menyebutkan, ada beberapa aspek yang akan diubah. Pertama adalah sistem kerja, sistem kerja dipastikan akan berbeda dengan sistem kerja sebelumnya. Selengkapnya silakan baca di sini.

3. Jokowi: BUMN Jangan Ambil Semuanya...

Presiden Joko Widodo mengimbau Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) untuk memberikan peluang kepada pihak swasta dalam pembangunan proyek infrastruktur.

Hal ini karena BUMN dan anak-anak usahanya masih mendominasi proyek pembangunan infrastruktur dalam 5 tahun terakhir.

"BUMN jangan ambil semuanya. Berikan peluang bagi swasta termasuk pengusaha lokal dalam pembangunan infrastruktur," kata Presiden RI Joko Widodo saat membuka Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2019 di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi mengakui, banyak kontraktor lokal yang mengeluh soal dominasi BUMN di sektor konstruksi. Selengkapnya silakan baca di sini.

4. Event IBEX 2019, Jokowi Sindir Para Bankir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyindir para bankir dan meminta agar lebih memperhatikan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pasalnya, selama ini, perbankan lebih memfokuskan pembiayaan kepada perusahaan-perusahaan bermodal besar dibandingkan UMKM.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com