Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, Rupiah Ditutup Melemah ke Rp 14.014 Per Dollar AS

Kompas.com - 08/11/2019, 17:26 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang rupiah melemah terhadap dollar AS pada penutupan pasar spot Jumat (8/11/2019). Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup melemah 19 poin atau 0,14 persen di angka Rp 14.014 per dollar AS dibandingkan penutupan kemarin di angka Rp 13.995 per Dollar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih menyebutkan bahwa pelemahan rupiah tidak dipengaruhi sentimen apapun. Menurutnya pelemahan lebih kepada faktor teknikal setelah dalam beberapa hari lalu rupiah sempat menguat.

“Ini adalah faktor teknikal saja. Rupiah sudah beberapa hari menguat, kalau hari ini melemah ya wajar saja sih, karena kalau faktor teknikal itu kan grafik dimana enggak ada fundamental yang mempengaruhi,” kata Lana kepada Kompas.com.

Baca juga: KPK Lelang 4 Mobil Bupati dan Kadis Korup, Mulai Rp 40 Jutaan...

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Oktober 2019 sebesar 126,7 miliar dollar AS. Porsi nilai cadangan devisa ini naik dibandingkan dengan posisi pada akhir September 2019 sebesar 124,3 miliar dollar AS.

“Kalau kemarin itu kan sudah ada cadangan devisa yang naik ya, dan sudah menguat cukup lumayan. Pelemahan juga enggak perlu ada sentimen, karena masalah teknikal itu tidak bisa dijelaskan,” jelas Lana.

Sore ini seluruh mata uang Asia kompak melemah seperti mata uang yen Jepang yang melemah 0,03 persen di angka 109 per dollar AS. Yuan China 6.986 per dollar AS melemah 0,18 persen dan dollar Singapura di angka 1.359 per dollar AS atau melemah 0,17 persen.

Baca juga: Kemenkeu Lelang Online 10 Mobil, Uang Jaminan Rp 10 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com