Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jenis Asuransi yang Pas untuk Milenial

Kompas.com - 11/11/2019, 15:15 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA. KOMPAS.com - Memilih asuransi yang tepat memang tidak mudah. Apalagi tipikal kaum milennial yang cenderung anti ribet, terkadang ragam jenis asuransi dan harga yang relatif mahal membuat kelompok usia ini berpikir dua kali untuk memiliki asuransi.

Ketika suatu hari Anda mengalami kejadian-kejadian yang tidak Anda inginkan, barulah Anda menyadari pentingnya asuransi untuk melindungi diri Anda. Maka dari itu, memilih asuransi yang tepat, harus Anda lakukan.

Baca juga : Tips Memilih Asuransi Yang Sesuai dengan Gaya Hidup Milennial

Presiden Direktur Sucorinvest Asset Management Jemmy Paul Wawointana menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi yang sesuai dengan jiwa millennial. Ini penjelasannya :

1. 5 Persen dari Penghasilan

Produk asuransi akan sangat menarik bagi millennial jika harga sesuai dengan budget atau isi kantong. Jemmy menyebut bahwa batasan kemampuan millennial dalam membeli asuransi adalah 5 persen dari pemasukan per bulan.

"Tapi seharusnya minimum 5 persen daripada penghasilan bisa disisihkan untuk asuransi tiap bulan daripada penghasilan bisa disisihkan untuk asuransi tiap bulan untuk yang 10 juta," kata Jemmy kepada Kompas.com, Senin (11/11/2019).

2. Sekaligus dengan investasi dan tabungan

Menyesuaikan asuransi dengan kebutuhan Anda, hal itu akan membuat asuransi Anda menjadi lebih efisien karena akan lebih tepat guna. Jemmy menyarankan agar Anda agar memilih asuransi yang juga memiliki bentuk investasi.

“Mungkin Anda bisa melihat kebutuhan Anda dalam waktu dekat apa. Untuk tabungan kedepannya Anda bisa membeli asuransi yang ada investasinya, karena Anda bisa sekalian menabung,” jelas Jemmy.

3. Perbanyak Asuransi Kecelakaan

Jika Anda melihat kebutuhan Anda dalam waktu dekat ini, ada baiknya jika Anda memilih coverage yang tidak terlalu besar. Karena sebagai millennial dengan rentang usia 25 tahun hingga 37 tahun pastilah kebutuhan hidup sangat besar dan cenderung tidak mengalami penyakit yang serius.

“Kalau masih muda kan penyakitnya belum parah sekali, perbanyak asuransi kecelakaan dulu lah,” ungkap Jemmy.

Itulah beberapa tips memilih asuransi yang sesuai dengan gaya hidup millennial. Jemmy menjelaskan bahwa asuransi yang paling menguntungkan adalah asuransi dengan investasi dimana Anda dapat mengambil coverage lost yang dibayarkan apabila melakukan klaim.

Ia menambahkan bahwa saat ini asuransi sudah memiliki spesialisasinya masing-masing sehingga tidak sulit untuk memilih asuransi saat ini. (KII)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com