Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei : Milennial Lebih Gemar Menabung ketimbang Baby Boomers dan Gen-X

Kompas.com - 21/11/2019, 07:15 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah penelitian global yang dilakukan Schroders menyebut bahwa milennial lebih gemar menabung daripada generasi Baby Boomers dan Generasi X. Kebanyakan dari millennial menabung untuk tujuan masa depan atau masa pensiun.

Mengutip CNBC, Kamis (21/11/2019), survei terhadap 25.000 investor di 32 negara mengungkapkan bahwa mereka yang berusia antara generasi Z dan milennial atau dari rentang 18 tahun sampai 37 tahun menghemat hampir 16 persen dari pendapatan tahunan mereka untuk masa pensiun. Termasuk, kontribusi pensiun dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Sementara itu, mereka yang berusia 38 tahun dampai 70 tahun yang tergabung dalam generasi X dan Baby Boomer hanya menyisihkan sekitar 14 persen sampai 15 persen dari pendapatan mereka.

Baca juga : Milenial Jakarta Dibidik Jadi Pengguna JakOne Mobile

Hasil penelitian menyebutkan bahwa investor dengan usia yang lebih muda paling mungkin untuk meningkatkan jumlah tabungan mereka hingga 97 persen, jika dibandingkan dengan yang berusia pada rentang 51- 70 tahun yakni hanya 82 persen.

Schroders hal ini tanda bahwa mereka menerima pesan dari generasi sebelumnya tentang pentingnya menyisihkan uang untuk pensiun.

Seorang Kepala Bagian Tabungan Pensiun dari Schroders bernama Sangita Chawla mengatakan tidak ada satu alasan khusus untuk kenaikan jumlah tabungan untuk pensiun di antara kaum muda, hal itu menurutnya didorong oleh bagaimana kondisi finansial orang tua mereka.

"Kami melihat bahwa di beberapa negara yang mana pendidikan untuk anak-anak gratis, diharapkan hidup lebih lama dari orang tua mereka dan ada budaya yang lebih kuat untuk diselamatkan," ungkap Chawla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com