Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerak Rupiah dan IHSG Sepanjang Hari Dipengaruhi Hasil RDG Bank Indonesia

Kompas.com - 21/11/2019, 09:54 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Pergerakan rupiah dan IHSG sepanjang hari ini Kamis (21/11/2019) diproyeksikan akan dipengaruhi oleh hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) siang nanti.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyebutkan rupiah akan menunjukkan pergerakan yang tidak signifikan menyusul kabar bahwa BI tidak akan menaikkan atau menurunkan suku bunganya.

"Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuannya di level 5 persen," kata Josua kepada Kompas.com.

Mengutip data Bloomberg, rupiah dibuka melemah di pada awal perdagangan pasar spot. Rupiah dibuka melemah 9 poin atau 0,06 persen ke level Rp 14.101 per dollar AS dibandingkan penutupan kemarin Rp 10.090 per dollar AS.

Josua memproyeksikan rupiah hari ini bergerak terbatas pada rentang Rp 14.050 per dollar AS hingga Rp 14.150 per dollar AS.

Sementara itu, analis Panin Sekuritas William Hartanto juga memproyeksikan jika penetapan suku bunga BI tidak mengalami perubahan dari sebelumnya, maka akan membuat IHSG menjadi semakin menarik.

"Kabar bahwa BI akan mempertahankan suku bunga cenderung membuat saham-saham perbankan menguat," kata Wiliam.

Data RTI, IHSG dibuka pada melemah pada level 6.135,76 atau turun 31,2 poin sebesar 0,52 persen dari penutupan kemarin pada level 6.155.

William memproyeksikan pergerakan IHSG hari ini berada pada level 6.100 sampai 6.200.

Adapun sentimen eksternal yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini adalah, rasa pesimis Hong Kong terkait dengan prospek kesepakatan perdagangan antara AS dan China yang diperkirakan belum dapat tercapai pada tahun ini.

Sementara itu, The Fed menyebut akan ada rencana penurunan suku bunga yang masih diwacanakan menyusul pertumbuhan ekonomi AS saat ini yang mengalami perlambatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com