Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Pekan, Bagaimana Nasib Rupiah Hari Ini?

Kompas.com - 25/11/2019, 09:28 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com –  Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS Senin (25/11/2019), berpotensi datar atau tidak menunjukkan pergerakan yang signifikan.

“Di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan AS-Tiongkok ketika AS mempertimbangkan untuk mendukung Hong Kong dan juga mempertimbangkan untuk menyelidiki kembali perdagangan Uni Eropa, rupiah cenderung bergerak datar,” kata Ekonom Bank Permata Josua Pardede kepada Kompas.com.

Sebelumnya AS menuai kritik China karena mendukung aksi protes yang berlangsung di Hong Kong. Apalagi, Presiden AS Donald Trump menunjukkan dukungannya kepada RUU Hak Asasi Manusia.

Baca juga: BI Optimistis Rupiah Bergerak Stabil di Level Rp 14.000 hingga Akhir Tahun

Josua memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini bergerak pada rentang Rp 14.050 per dollar AS hingga Rp 14.125 per dollar AS.

Mengutip data Bloomberg, di pasar spot rupiah pagi ini turun tipis 0,02 persen ke level Rp 14.094 per dollar AS dibandingkan penutupan Jumat pekan lalu pada Rp 14.092 per dollar AS.

Sementara di regional, dollar Hongkong melemah tipis 0,02 persen pada level 7.827 per dollar AS. Demikian juga dengan Yen Jepang yang melemah 0,08 persen pada level 108 per dollar AS.

Di sisi lain, dollar Singapura tampak menguat tipis 0,01 persen pada level 1.364 per dollar AS. Yuan China juga menguat tipis 0,04 persen pada level 7.036 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com