Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok Jadi Komut Pertamina, Angin Segar untuk Para Direksi

Kompas.com - 26/11/2019, 13:28 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di tubuh PT Pertamina (Persero) dianggap bisa memberi angin segar bagi jajaran petinggi di perusahaan minyak plat merah itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Peneliti Alpha Research Database Indonesia Ferdy Hasiman. Menurut Ferdy, dengan adanya Ahok, para Board Of Director (BOD) bisa bekerja secara profesional mengolah bisnis hulu-hilir di Pertamina.

“Di Pertamina itu banyak sekali intervensi non-korporasi, termasuk dari mafia migas yang tak ingin Pertamina memperbaiki manajemen hulu agar produksi minyak dan gas naik,” ujar Ferdy dalam keterangn tertulisnya, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Pulang dari Korsel, Erick Thohir Mau Cuci Gudang Petinggi PLN

Mafia migas, lanjut Ferdy, tak ingin direksi-direksi Pertamina berjuang membangun kilang-kilang migas dalam negeri, seperti peremajaan kilang Cilacap atau kilang Balongan, karena menutup ruang gerak meraka mencari untung dari impor migas.

“Intervensi non-korporasi juga bisa datang dari politisi atau DPR yang sering meminta jatah dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau dana Tunjangan Hari Raya (THR) melalui pintu belakang,” kata Ferdy.

Atas dasar itu, Ferdy menilai penetapan Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina dianggap sebagai langkah yang tepat. Sebab, Ahok memiliki pengalaman dalam melawan politisi dan birokrat yang mencoba bermain-main memburu rente dari keuangan daerah.

“Ahok tak diragukan ditakuti para mafia dan politisi karena dia bersih, berani, teliti dan detail. Apalagi di Pertamina secara psikologis, Ahok adalah orang terdekat Presiden Jokowi. Keberadaan Ahok sebagai Komisaris Utama memberikan jaminan keamanan kerja bagi direksi. Direksi semestinya tak takut lagi dengan intervensi non-korporasi di Pertamina,” ucap dia.

Baca juga: Saat Ahok Menjawab Para Pengkritiknya...

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan alasan Erick Thohir tak menunjuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Menurut Arya, Erick Thohir lebih menginginkan posisi direktur utama pada perusahaan minyak pelat merah itu diisi oleh orang yang lebih paham di dunia minyak dan gas.

Sementara itu alasan Erick Thohir menunjuk Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina karena menganggap mantan Gubernur DKI Jakarta itu mempunyai integritas yang tinggi dalam melakukan pengawasan.

“(Pertamina) ini harus kencang, jadi butuh pengawasan, kemampuan Pak Ahok,” kata Arya.

Baca juga: Ikuti Ahok, Susi dan Jonan Akan Jadi Petinggi di BUMN?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com