Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bidik Peluang Usaha Ikan Hias

Kompas.com - 26/11/2019, 17:01 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejalan dengan program menjadikan akuakultur sebagai salah satu prioritas kebijakan lima tahun ke depan, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, berdialog dengan para para pelaku usaha di sektor perikanan.

Beberapa komoditas budidaya perikanan seperti Ikan hias, udang, kerapu, catfish (lele), bandeng, rumput laut, mutiara, pakan ikan, benih ikan, obat ikan serta pengolahan dan pemasaran produk juga hadir.

Direktur Nusatic Indonesia, Sugiarto, mengatakan Indonesia memiliki potensi ikan hias yang besar, namun masih kalah dengan Singapura.

Saat ini Singapura merupakan eksportir ikan hias terbesar di dunia. Padahal ikan hias tersebut berasal dari Indonesia.

Baca juga: Indonesia Ingin Jadi Eksportir Ikan Hias Nomor Satu di Dunia

"Singapura bisa jadi nomor 1 di dunia karena punya pameran ikan hias yang besar yaitu Aqurama, dulu 2017 kami pernah berkumpul dan berencana membuat branding asosiasi ikan hias kami megadakan pameran Nusatic tapi terkendala pada pembiayaan venue-nya," jelasnya.

Merespon berbagai masukan tersebut, Edhy manyatakan ia akan menampungnya. Terkait permintaan izin khusus dirinya telah mempelajari peraturan terkait dan akan merumuskan dengan bijak.

"Saya terima masukan, saya baca dulu nanti saya rumuskan kebijakan terbaik," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com