Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Jangan Dianggap Sekadar Proyek Besar

Kompas.com - 29/11/2019, 14:38 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bappenas menyatakan, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan tidak seharusnya dianggap sebagai proyek besar yang memberikan banyak peluang bisnis baru.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, peluang bisnis hanyalah dampak turunan dari proses pembangunan yang dilakukan.

"Orang kadang-kadang melihatnya ini proyek besar dan banyak peluang, saya kira bukan begitu. Jadi ini bukan proyek besar mengundang kesempatan bisnis luar biasa, itu tidak. Itu ikutannya, iya," ujar Suharso di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Seharusnya proyek pembangunan ibu kota baru dianggap sebagai pembangunan milik bangsa sehingga bisa dibanggakan hingga ratusan tahun.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu pun mencontohkan bagaimana Jakarta terbentuk dan bisa bertahan hingga saat ini berusia 492 tahun.

Baca juga : Bappenas: Ibu Kota Baru Akan Dipimpin City Manager

Dengan cara pandang tersebut, dia menilai, bangunan-bangunan ibu kota negara nantinya akan dibangun lebih indah dibanding gedung-gedung pemerintahan, legislatif, dan yudikatif yang ada saat ini di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com