Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edhy Prabowo Siap Dukung Ikan Hias Indonesia

Kompas.com - 29/11/2019, 15:38 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, mengapresiasi atas terselenggaranya Pameran Ikan Hias Terbesar di Dunia & Pameran Agroliving Besar di Indonesia, Nusatic 2019.

Acara yang berlangsung mulai dari tanggal 29 November-1 Desember 2019 di ICE BSD, Serpong , dihadiri lebih dari 2.000 para pembudidaya ikan.

"Saya sangat senang diselenggarakan acara ini, melalui acara ini semua pembudidaya ikan hias bisa berkumpul," ujarnya di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Tahun 2020 pemerintah Indonesia menargetkan akan melakukan ekspor ikan sebesar 6,1 miliar dollar AS.

Baca juga: Indonesia Bidik Peluang Usaha Ikan Hias

Namun saat ini pihaknya mengaku masih perlu melakukan pengoptimalisasi mengingat sektor budidaya ikan hias di Indonesia masih belum berkembang.

"Memang KKP saat ini belum intensif di sektor budidaya ikan padahal pertumbuhannya cukup besar," jelasnya.

Edhy juga menyebut dirinya sendiri tak asing dengan budidaya ikan hias karena sejak kecil dirinya sudah memelihara ikan.

Sementara Asisten Deputi Sumber Daya Hayati Kemenko Kemaritiman dan Investasi Suparman mengatakan, pada tahun 2018 yang lalu nilai perdagangan ikan hias baru mencapai 314 juta dollar AS. Padahal potensinya sangatlah besar karena Indonesia memiliki 1.200-an jenis ikan hias.

"Kami harapkan komunikasi tidak berhenti di sini dan tidak hanya sekadar seremoni tapi bisa menyelesaikan masalah di lapangan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com