Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani soal Pemangkasan Eselon III dan IV: Gaji Tetap, Fasilitas Berubah

Kompas.com - 29/11/2019, 17:33 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan telah memangkas jabatan strukturan eselon III dan IV di jajaran kementeriannya.

Namun demikian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan dirinya memastikan para pejabat tersebut tidak mengalami perubahan gaji. Hanya saja, terdapat perubahan fasilitas yang mereka dapatkan.

"Gaji tidak berubah, tapi mungkin fasilitasya. Tapi itu Presiden kemarin menyampaikan di pidato tidak akan memengaruhi dari sisi penerimaan mereka," ujar dia di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Baca juga: Bappenas akan Menjadi Pilot Project Kecerdasan Buatan Pengganti Eselon III dan IV

Sebagai informasi, salah satu faslitias yang diterima oleh pejabat eselon III dan IV adalan mobil dinas.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.06/2015 tentang Standar Barang dan Standar kebutuhan Barang Milik Negara Berupa Alat Angkutan Darat Bermotor Dinas Operasional Jabatan di Dalam Negeri, yang terbit dan berlaku pada 14 April 2015. Fasilitas ini hanya diperuntukan bagi pejabat negara setingkat eselon IV hingga menteri.

Untuk pejabat eselon III, jenis dan sepsifikasi mobil dinasnya adalan MPV 2.000 cc dengan bahan bakar bensin atau MPV 2.500 cc bermesin diesel. Adapun untuk pejabat eselon IV/Kakanwil (1 kabupaten), fasilitasyang didapatkan adalah 1 unit mobil dinas berjenis MPV 1.500 cc.

Adapun Sektretaris Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan tidak seluruh jabatan eselon III dan IV mengalami pemangkasan. Contohnya, jabatan yang memiliki fungsi melayani atau yang memegang satuan kerja tertentu.

"Karena itu sesuai dengan arahan KemenPANRB. Jadi tidak seluruh eselon III dan IV hilang. Tapi yang mempunyai fungsi pelayanan dan satuan kerja dia masih akan dipertahankan karena dia memang memiliki tanggungjawab struktural," ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Jokowi Ingin Ganti Eselon III dan IV dengan Kecerdasan Buatan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com