Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melemah, Rupiah Senin Pagi Tembus Level Rp 14.100 Per Dollar AS

Kompas.com - 02/12/2019, 10:02 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan di pasar spot Senin (2/12/2019) pagi melemah hingga menembus level 14.100.

Mengutip data Bloomberg, rupiah dibuka pada level 14.108 per dollar AS, atau melemah 16 poin sebesar 0,12 persen dibanding penutupan Jumat Rp 14.092 per dollar AS.

Menurut Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, sepanjang hari ini rupiah akan dipengaruhi oleh sentimen kesepakatan dagang China dan AS yang hingga kini belum mendapatkan kejelasan.

"Hari Senin ini masih menantikan prospek kesepakatan dagang AS dan China. Kekhawatiran masih membayangi prospek tersebut karena AS merilis UU HK. Ini akan memberikan tekanan ke rupiah," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Rupiah Ditutup Melemah, Pasar Khawatir Kesepakatan Dagang Terhambat

Selain itu, faktor internal dimana investor masih menunggu rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terkait dengan inflasi November 2019.

"Dari internal, ada rilis inflasi November dengan konsensus 3,06 persen (year on year/yoy). Data inflasi ini bisa positif untuk rupiah karena masih berada di kisaran 3 persen," tambahnya.

Sementara ekonom bank Permata, Josua Pardede menyebutkan, selain kedua faktor tersebut investor masih menunggu beberapa data ekonomi global yang akan dirilis pekan ini. Seperti dari Europe Central Bank (ECB), Purchasing Manager's Index (PMI) dan Institude of Supply Management (ISM).

"Dalam sepekan, ada beberapa data ekonomi yang akan dirilis. Pertama, testimony presiden Eropa Lagarde terkait data ECB, lalu data PMI China juga akan dipantau oleh pelaku pasar. Selain itu, rilis data ekonomi AS seperti data ISM juga akan ditunggu oleh pelaku pasar," jelas Josua.

Josua memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini akan berada pada kisaran Rp 14.075 per dollar AS sampai demgan Rp 14.150 per dollar AS.

Baca juga: Dibuka Melemah, Rupiah Akan Terpengaruh Ketidakpastian Perang Dagang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com