Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelapa Sawit Sumbang Inflasi IHPB November 2019

Kompas.com - 02/12/2019, 15:22 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi inflasi pada Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) non-migas sebesar 0,07 persen di November 2019 secara bulanan (mtm).

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, inflasi tertinggi disumbang oleh industri. Salah satu penyebab inflasi adalah kenaikan harga kelapa sawit (crude palm oil/CPO).

"Harga CPO bulan ini mengalami kenaikan sehingga inflasi industri mencapai 0,37 persen dan memberikan andil inflasi IHPB non-migas sebesar 0,18 persen," ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Adapun komoditas lain yang mengalami kenaikan, antara lain jeruk, bawang merah, kelapa sawit, ayam ras, daging ayam, dan rokok kretek. Komoditas bahan makanan dan rokok ini menyumbang inflasi tertinggi di bulan November 2019.

Baca juga : Pemerintah Segera Rampungkan Peta Sawit Indonesia

Selain industri, IHPB konstruksi juga menyumbang inflasi sebesar 0,07 persen. Suhariyanto menyebut, inflasi terjadi untuk seluruh kelompok jenis bangunan. Inflasi tertinggi terjadi di jenis bangunan lainnya sebesar 0,13 persen.

"Secara komoditas, kenaikan harga terjadi pada batako, pasir, genteng, alat konstruksi, dan cat. Itu yang menyebabkan terjadi inflasi pada sektor konstruksi," tutur Suhariyanto.

Sementara itu, IHPB umum turut naik sebesar 0,06 persen pada Oktober 2019 terhadap bulan sebelumnya. Kelompok barang impor merupakan penyumbang andil dominan pada kenaikan IHPB, yaitu sebesar 0,16 persen.

Sedangkan, IHPB kelompok barang ekspor turun 0,75 persen terhadap bulan sebelumnya. Berbanding terbalik dengan barang impor yang naik 1,04 persen pada Oktober 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com