Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK : Ada Sejumlah Hambatan Investasi di Proyek Infrastruktur

Kompas.com - 03/12/2019, 19:31 WIB
Rina Ayu Larasati,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan mengungkap berbagai hal yang menjadi tantangan dalam investasi untuk pembiayaan proyek infrastruktur.

Deputi Direktur Perizinan Pengelolaan Investasi OJK I Made Bagus Tirthayatra mengatakan, hambatan investasi yang seringkali dialami di bidang infrastuktur ialah soal kesesuaian tenor pendanaan.

Menurutnya, potensi investasi di infrastruktur sebetulnya tidak sedikit, tetapi dalam hal eksekusinya masih belum optimal karena kapasitas dalam negeri maupun daerah masih sangat lemah.

"Bukan kekurangan suplai atau demand, justru banyak, yang jadi masalah matching. Kalau demand dalam negeri agak-agak kurang kapasitas," katanya, Selasa (3/12/2019).

Sementara itu, investasi asing saat ini masih perlu didorong agar bertahan lebih lama. Sebab, investor ini memiliki kapasitas modal tinggi.

"Concern investor asing, kita tak mau mereka masuk kesini dan keluar dalam waktu cepat," tegasnya.

Masalah lain yang menjadi hambatan adalah perlunya edukasi yang konsisten, pihaknya pun sedang terus berupaya untuk menyiapkan berbagai instrumen investasi yang inovatif.

"(Misalnya) Instrumen berkelanjutan surat utang atau obligasi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com