Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swasta Mau Jual Avtur, Ini Syarat dari Erick Thohir

Kompas.com - 04/12/2019, 16:07 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku tak masalah jika pemerintah ingin mengundang pihak swasta untuk menjual avtur di dalam negeri.

Namun, Erick meminta pihak swasta itu tak mengimpor avtur. Melainkan mengolah sumber daya yang ada di dalam negeri untuk dijadikan avtur.

“Ya saya rasa gini, Pertamina bisa produksi avtur. nah kalau swasta yang produksi avtur ya welcome saja. Yang tidak boleh (pihak swasta) cuma minta lisensi impor,” ujar Erick di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Baca juga: Menhub Undang Swasta Pasok Avtur, Ini Tanggapan Pertamina

Erick menambahkan, saat ini dirinya diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk menekan impor.

Atas dasar itu, dia tak ingin pihak swasta yang dihadirkan hanya untuk jual avtur saja. Dia ingin pihak swasta tersebut juga berperan membantu mengurangi impor.

“Jangan hanya shortcut, sekedar cari keuntungan, tapi akhirnya kembali merugikan secara keseluruhan konsep yang sedang dibangun oleh Bapak Presiden, karena kan kita mau tekan impor migas itu,” kata Erick.

Erick mencontohkan, saat ini Pertamina tengah menerapkan program B30. Hal itu dilakukan untuk menekan ketergantungan terhadap impor migas.

“Sekarang dengan adanya B30 macam-macam sudah bisa jadi avtur juga, tingga benar-benar mau enggak melakukannya,” ucap dia.

Baca juga: Harga Avtur Pertamina Mahal, Menhub Akan Undang Pemasok Swasta

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tengah mencari cara untuk menurunkan harga avtur yang berpengaruh pada mahalnya tiket pesawat. Apalagi, momen natal dan tahun baru di depan mata.

Salah satu cara yang dia tempuh yakni dengan mengundang pemain swasta untuk memasok avtur kepada maskapai-maskapai nasional di beberapa bandara.

Adapun selama ini, PT Pertamina (Persero) merupakan satu-satunya pemasok avtur untuk maskapai nasional. Depo pengisian avtur Pertamina untuk pesawat udara baik domestik maupun internasional terdapat di 65 bandara.

Baca juga: Erick Thohir Sindir Direksi BUMN yang Suka “Koar-koar” di Media

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com