Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dompet Dhuafa Targetkan Kumpulkan Dana Rp 450 Miliar

Kompas.com - 09/12/2019, 21:33 WIB
Rina Ayu Larasati,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga filantrofis Dompet Dhuafa targetkan mampu kumpulkan dana Rp 450 miliar hingga akhir tahun ini.

Executive Director Dompet Dhuafa Republika Foundation, Imam Rulyawan mengatakan, terhitung bulan Januari hingga Oktober 2019 mereka ini telah menghimpun dana sekitar Rp 300 miliar.

"Target tahun ini (menghimpun) Rp 450 miliar. Realisasi Rp 300 (miliar) per Oktober. Naik 27 persen dibanding Januari-Oktober 2018," katanya saat ditemui di Wisma Antara, Jakarta, Senin (09/12/2019).

Dana tersebut dikumpulkan dari dari zakat, infak, sedekah dan wakaf. Hingga saat ini dana sudah tersalurkan sebesar 90 persen.

"Sebesar 90 persen sudah tersalurkan ke program ekonomi penerima zakat menjadi pemberi zakat. Seperti budidaya kerang hijau di Serang," ucap Imam.

Diketahui Dompet Dhuafa telah membantu menyalurkan dana untuk kaum dhuafa di bernagai agar bisa memulai usaha dan memutus rantai kemiskinan.

Sementara itu, Inisiator dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi menyatakan peran Dompet Dhuafa selama 26 tahun berdiri dalam pengentaskan kemiskinan.

"Dompet Dhuafa dalam menerapkan kegiatannya melakukan filantropreneur (wirausaha sosial profentik) untuk memutus lima lingkaran kemiskianan. Salah satunya melalui program desa demi desa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com