Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Utang Rp 1,8 Triliun, Aset Duniatex Bakal Dijual Bank Mandiri

Kompas.com - 10/12/2019, 10:47 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengaku perusahaan tekstil Duniatex masih memiliki utang sebesar Rp 1,8 triliun. Jumlah itu sisa dari total utang Duniatex ke bank pelat merah itu sebesar Rp 5,5 triliun.

Corporate Secretary Rohan Hafas mengatakan, macetnya pembayaran Duniatex akan memasuki kolektabilitas 3 alias tak lagi membayar utangnya sejak 4 bulan terakhir.

"Awal Januari masuk kolektabilitas 4, Februari masuk kolektabilitas 5," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Baca juga: Kredit Macet Naik, OJK Duga karena Duniatex

Dia pun mengungkap telah mengantongi nama investor yang berniat mengambil aset Duniatex. Sayang, Rohan belum mau menyebutkannya ke publik.

Saat ini kata Rohan, nilai total aset Duniatex yang dipegang oleh Bank Mandiri berjumlah 100 persen atau lebih dari Rp 1,8 triliun. coverage ratio Bank Mandiri pada agunan Duniatex berada pada level 160 persen.

"Sudah ada investor untuk mengambil aset Duniatex, tapi tak bisa diungkap ke publik sampai mana," ujar Rohan.

Hal itu juga dibenarkan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar. Dia bilang, Bank Mandiri memang berencana menjual aset Duniatex kepada investor. Langkah ini dia lakukan untuk restrukturisasi kredit macet.

Baca juga: OJK Sebut Duniatex Punya Utang hingga Rp 22 Triliun

Apalagi bila dilihat secara persentase, aset Duniatex sangat mencukupi untuk menutup utang-utang di Bank Mandiri.

"Jadi Mandiri dengan segala cara berusaha untuk mendapatkan recovery dari penjualan aset. Kami akan dorong untuk penjualan aset, supaya kami bisa mendapat recovery sebaik-baiknya," kata Royke.

Royke menuturkan, upaya itu juga mampu membuat Bank Mandiri optimis dalam menjaga rasio kredit macet alias non-performing loan (NPL) di kisaran 2,53 persen hingga akhir tahun sejak menurun dari 3,01 persen di kuartal III 2019.

Baca juga: Utang Capai Rp 18,79 Triliun, Duniatex Jamin Tak PHK Pekerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com