Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: 34 Tahun Enggak Bisa Bangun Kilang Minyak, Kebangetan

Kompas.com - 10/12/2019, 12:16 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo telah melangsungkan pertemuan dengan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Jokowi menyebut, pertemuannya dengan Ahok dan Nicke tak lain membahas core bisnis Pertamina sebagai perusahaan minyak. Mulai dari impor migas, persiapan B30, lifting minyak dan gas, defisit transaksi berjalan, hingga pembangunan kilang minyak.

"(Kami bertemu membahas) urusan migas. Berkaitan dengan impor migas, B20, dan B30," kata Jokowi usai membuka Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Baca juga: Jokowi: Masyarakat Kecil Punya Etiket Lebih Baik untuk Mengembalikan...

Sembari bertemu, Jokowi menyampaikan keinginannya kepada Ahok dan Nicke. Dia ingin Pertamina segera membangun kilang minyak baru agar produksi dalam negeri bisa meningkat.

"Iya itu kesitu larinya juga pembangunan kilang minyak. Pembangunan kilang minyak itu harus, masa 34 tahun kita enggak bisa bangun kilang minyak, kebangetan," tegas Jokowi.

Tak hanya itu, dia ingin defisit transaksi berjalan dan defisit neraca perdagangan bisa diperkecil dengan mengendalikan impor migas. Dia pun ingin, Pertamina menaikkan produksi minyak dalam negeri (lifting migas).

Baca juga: Ahok dan Dirut Pertamina Temui Jokowi, Apa yang Dibahas?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com