Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur, Simak Tips Bepergian secara "Simple"

Kompas.com - 10/12/2019, 13:20 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Biasanya menjelang Natal dan Tahun Baru, rata-rata orang telah berencana akan pergi berlibur ke suatu tempat maupun negara. Namun, terkadang ketika pergi berlibur panjang, kerap membawa banyaknya koper.

Apalagi di saat balik dari berlibur. Tentu saja bawaan kita semakin bertambah bukan?

Oleh sebab itu, Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro memberikan beberapa tips dengan tema "tren bepergian simple".

Apabila penumpang hendak membawa bagasi saat bepergian maka bisa membeli bagasi. Sebaliknya, bila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi. Konsep ini memberikan nilai lebih ekonomis serta terjangkau yang disesuaikan kebutuhan.

Baca juga: Promo 12.12, Ini Tips Belanja Online dari Shopee

Penumpang atau tamu yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel) dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

"Pembelian bagasi harga lebih hemat dapat dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan," katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/12/2019).

Setiap penumpang terkecuali balita, diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kilogram (kg), dan satu barang pribadi. Misalnya, tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, kamera, tas jinjing wanita ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin.

Setiap barang yang dibawa akan diberi label tanda bagasi dan juga akan ditempel pada lembar masuk pesawat (boarding pass).

"Hal ini harus ditunjukkan pada petugas di terminal kedatangan, guna tujuan verifikasi dan identifikasi," ujarnya.

Baca juga: Simak 4 Tips Lindungi Data Pribadi dari Diri-Sendiri

Lion Air Group mewajibkan barang-barang berharga atau bernilai dibawa ke dalam kabin untuk alasan keamanan, seperti perhiasan, uang, surat atau dokumen penting, kamera, ponsel, laptop.

"Barang atau benda yang dibawa ke kabin adalah tanggungjawab penumpang dan harus di bawah pengawasan pribadi," katanya.

Selain itu, dia mengimbau kepada seluruh penumpang untuk check-in lebih awal 120 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan di terminal keberangkatan bandar udara. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang ketika check-in.

"Counter check-in Lion Air Group di akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik," ujarnya.

Baca juga: Simak, Tips Batasi Biaya Liburan untuk Milenial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com