Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Pinjaman Rp 3 Juta Tanpa Jaminan, Kini Anis Raup Omzet Rp 50 Juta Per Bulan

Kompas.com - 11/12/2019, 20:35 WIB
Erlangga Djumena

Penulis

KOMPAS.com - Anis Alfiyah (49) awalnya hanya berkeliling menawarkan dagangannya yang berupa makanan-makanan ringan khas Banyuwangi. Dia pun memasukkan produk-produkanya ke berbagai toko oleh-oleh yang ada di seputaran Banyuwangi.

Tahun 2012, dia pun berkenalan dengan BTPN Syariah. Melalui program yang mengadopsi pola Bank Grameen, anak usaha BTPN itu mencoba memberdayakan masyarakat khususnya perempuan.

Anis pun mendapatkan kucuran modal kerja sebesar Rp 3 juta tanpa harus memberikan jaminan apapun kepada pihak BTPN Syariah. Dana tersebut digunakan untuk memperkuat usahanya.

Selang 3 tahun kemudian, dia pun membuka toko oleh-oleh di rumahnya di kawasan Karangrejo, Banyuwangi, Jawa Timur. "Ketika itu pas dapat pinjaman Rp 10 juta, sekitar 2015," sebut dia.

Baca juga: Jualan Kopi, Pria Ini Kantongi Omzet Rp 600 Juta Per Bulan

Setelah mempunya outlet bernama Anisa, perempuan beranak dua ini tidak perlu pergi berkeliling untuk menawarkan produknya kepada toko-toko lain. Kini mereka lah bisa mengambilnya langsung ke tempatnya.

Selain offline, Anis juga memasarkan produknya secara online. Dia memasarkan produk-produknya di berbagai marketplace.

Tak terasa, 7 tahun berlalu, omzet Anis pun terus meningkat. Bahkan kini omzet toko Anisa sudah di atas Rp 50 juta per bulan.

Saat ini dia mempekerjakan 3 karyawan, serta memberdayakan keluarganya, termasuk suami, anak dan mantunya.

"Anak saya membantu marketingnya, suami saya belanja," ucap dia.

Baca juga: Kuartal III 2019, BTPN Syariah Cetak Laba Bersih Rp 976 Miliar

Anis mengaku berani mengambil pinjaman dari BTPN Syariah karena tidak perlu jaminan apapun. Selain itu cicilannya pun terbilang ringan. Serta bila telat membayar ditanggung renteng oleh kelompoknya, sehingga dia memiliki waktu untuk membayar di dua pekan berikutnya.

Bahkan saat ini, Anis sudah kembali meminjam Rp 25 juta untuk untuk mengembangkan usahanya, sekaligus membantu putri sulungnya, Nisa, untuk membangun usahanya.

"Yang Rp 25 juta saya engga semunya buat di toko ini, tapi buat buka usaha lain. Membantu anak saya membuka cafe kopi," katanya.

Direktur Utama BTPN Syariah Ratih RachmawatyKOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Direktur Utama BTPN Syariah Ratih Rachmawaty
Sementara itu Direktur Utama BTPN Syariah Ratih Rachmawaty menyebut pihaknya memang fokus untuk mengucurkan modal kerja kepada perempuan prasejahtera produktif tanpa jaminan.

Menurut dia, jaminannya kehadiran wajah para penerima pinjaman tersebut dalam pertemuan kelompok tiap dua minggu sekali.

"Bertemu muka setiap saat, ini psikologis, kalau kita memunculkan muka kita, berarti kita masih ada niat untuk membayar," ucapnya di Banyuwangi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com