Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Garuda Mau Tutup Rute Penerbangan ke London

Kompas.com - 12/12/2019, 18:56 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Garuda Indonesia membuka peluang untuk menutup sejumlah rute penerbangan ke London, Inggris.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ikham Kurniansyah mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam rangka restrukturisasi model bisnis maskapai pelat merah tersebut.

“Kita sedang meninjau (penerbangan) Eropa kita. Kita tidak terlalu urgent terbang ke Eropa. Kita ingin perusahaan ini agar lebih sehat,” ujar Pikri di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Pikri menambahkan, nantinya Garuda Indonesia akan berfokus melayani penerbangan ke Timur Tengah dan Asia.

Baca juga: Asik! Bandara Kualanamu Kini Layani Penerbangan ke London

“Kita akan perkuat domestik sebagai backbone meningkatkan pelayanan dengan pesawat-pesawat terbaru. Fokus ke middle east, Asia Pacific, Jepang, Korea," kata Pikri.

Pikri menjelaskan, salah satu rute yang telah ditutup sementara, yakni penerbangan ke London. Namun, Pikri tak menjelaskan secara rinci kapan penerbangan itu ditutup.

“(Penerbangan ke) London sudah kita suspend. Kita melihat profitabilitas dan sebagainya,” ucap dia.

Sebelumnya, Garuda Indonesia telah menutup rute penerbangan Jakarta ke London. Langkah itu diambil saat Pahala Mansury masih menjabat sebagai direktur Utama pada 30 September 2018. Pahala menutup rute tersebut karena sepi penumpang.

Baca juga: Per 30 Oktober 2018, Garuda Indonesia Tutup Rute Jakarta-London

Namun, saat Ari Askhara menjabat sebagai direktur utama, rute penerbangan Jakarta-London kembali dibuka pada 2 Desember 2018.

Saat itu Ari beralasan kembali membuka rute tersebut sebagai bentuk upaya untuk memperluas rute penerbangan internasional.

Tak hanya itu, pada 16 Juli 2019 lalu, Ari kembali membuka rute Denpasar-Kualanamu-London sebanyak tiga kali dalam seminggu yaitu pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com