Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Jepang Siap Bantu Indonesia Perkuat Ekspor

Kompas.com - 16/12/2019, 07:11 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Jakarta Japan Club (JJC) sekaligus Presiden Direktur Sumitomo Indonesia Kanji Tojo mengatakan, pihaknya bersedia membantu RI memperkuat ekspor sesuai visi misi Presiden Joko Widodo.

Apalagi menurut Tojo, Jepang memiliki beberapa kesamaan dengan Indonesia. Jepang pun telah berhasil memecahkan berbagai masalah di negaranya yang saat ini dialami Indonesia.

"Kami tentu mendukung Indonesia untuk mendorong dan memperluas ekspor. Karena kami punya pengalaman seperti itu. Kami sangat yakin bisa membantu," kata Kanji Tojo di Menara Kompas Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Perusahaan Jepang Akui Regulasi Jadi Faktor Utama Jepang Mundur Ekspansi ke RI

Namun sebelum memperkuat ekspor, Tojo mengimbau pemerintah untuk mematangkan kebutuhan pasar dalam negeri. Pihaknya pun akan membantu RI mematangkan pasar dengan memberikan berbagai masukan dan implementasi.

Adapun cara mematangkan pasar dalam negeri adalah memperkuat daya saing dan menyehatkan pasar. Begitu pun membuat regulasi tak lagi berbelit-belit sehingga banyak investasi asing (foreign direct investment/FDI) datang dari luar.

"Selain itu juga diperlukan infrastruktur dan SDM handal. Kami siap membantu dan sangat mendukung. Kami telah membangun listrik terbarukan dengan memanfaatkan panas bumi di Sumatra untuk memenuhi kebutuhan listrik. Karena perusahaan membutuhkan banyak listrik," tutur Tojo.

Tojo mengatakan, mengedepankan hal-hal tersebut akan memperbaiki defisit neraca perdagangan dan mampu berkontribusi terhadap PDB Indonesia. Apalagi, keputusan yang diambil Presiden Jokowi untuk menguatkan ekspor sudah benar.

"Dengan hal-hal seperti itu kami yakin Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi ke-5 terbesar tahun 2045. Jadi kita harus memikirkan ini bersama-sama," pungkasnya.

Baca juga: Larangan Ekspor Benih Lobster Mau Direvisi, Susi Tak Tinggal Diam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com