Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus Gumiwang dan Teten Masduki Fokus Kembangkan 4 Sektor UMKM

Kompas.com - 17/12/2019, 15:39 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang bersama Menteri Kooperasi dan UMKM, Teten Masduki menjalin kerja sama untuk fokus mengembangkan 4 sektor UMKM di Indonesia.

Hal ini disampaikan keduanya usai melakukan rapat tertutup di Kementerian Kooperasi dan UMKM di Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019).

"Jadi saya sampaikan dulu sedikit, sesuai dengan arahan presiden mengenai korporatisasi akan di fokuskan di sektor perindustrian, pertanian, kelautan dan perikanan, serta sektor pariwisata," kata Teten.

Sebelumnya melalui rapat terbatas dengan Presiden dan Wakil Presiden beberapa waktu lalu, Teten ditugaskan untuk mengembnangkan sektor UMKM yang berdaya saing.

Namun, seiring masalah yang dihadapi UMKM saat ini, maka pemerintah akan mendukung penuh pelaku usaha mikro dan menengah agar dapat bersaing melalui modal usaha.

"Karena itu nanti ini akan kerja lintas kementerian/ lintas sektoral. Mulai dari pembiayaan dan suplai lainnya seperti logistik, teknologi, produksi dan lainnya," jelas Teten.

Sementara itu, Agus mengatakan pemberdayan program tersebut akan dilakukan dengan memanfaatkan KUR (kredit usaha rakyat) dan partisipasi swasta.

Dalam skema kerja sama ini, nantinya Teten akan mengemban tugas sebagai ketua harian yang bertugas mengkoordinir kegiatan produksi di UMKM terutama sektor perindustrian, pertanian, kelautan dan perikanan serta sektor pariwisata.

Keempat sektor itu, nantinya akan didekatkan dengan lima kawasan pariwisata strategis di Indonesia seperti Labuhan Bajo, Borobudur, Manado, Danau Toba dan Mandalika. Dengan pendekatan di kawasan wisata, maka produksi UMKM bisa naik kelas.

"Itu merupakan hal-hal yang sangat krusial yang nanti 4 sektor UMKM tersebut akan didekatkan dengan 5 destinasi wisata prioritas," jelas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com