Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Saya Tidak Mau Pasar Kita Dibanjiri Produk Impor

Kompas.com - 20/12/2019, 12:28 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menginginkan agar pasar dalam negeri tak dibanjiri oleh produk-produk buatan dalam negeri.

Hal tersebut dia ungkapkan saat membuka acara UMKM Export Brilianpreneur 2019 di JCC Senayan Jakarta, Jumat (20/12/2019).

“Kita tau pasar domestik kita besar dan saya tidak mau pasar kita dibanjiri oleh produk impor. Enggak mau,” ujar Jokowi.

Kendati begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui di era pasar terbuka seperti saat ini pemerintah tak boleh melarang produk asing masuk ke pasar dalam negeri.

Atas dasar itu, dia menginginkan produk dalam negeri ditingkatkan kualitasnya sehingga mampu bersaing dengan produk luar negeri.

“Caranya hanya satu, bagaimana kita bisa berkompetisi dengan produk impor itu. Entah dari sisi harga disain, kemasan, harus menang,”kata Jokowi.

Jokowi pun berpesan, agar produk UMKM dalam negeri tak hanya memikirkan soal ekspor.

“Artinya jangan sampai kita meninggalkan pasar domestik terlalu konsentrasi ke ekspor sehingga yang dalam negeri diserbu barang luar. Pasar dalam negeri dikuasai,  namun setelah itu masuk ke pasar global untuk naikkan devisa,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com