Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kalinya, Kemenhub Fasilitasi Penyandang Disabilitas Mudik Gratis

Kompas.com - 21/12/2019, 19:32 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memfasilitasi penyandang disabilitas untuk mudik secara gratis dengan mengalokasikan sebanyak 3 bus.

Tiga bus ini diberangkatkan dengan tujuan Jakarta-Solo yang terdiri dari 1 bus akses, 1 bus Elf dan 1 bus medium.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan Nataru 2020 ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya yaitu memberi fasilitas kepada kaum disabilitas untuk diberangkatkan mudik secara gratis.

"Total pemudik ada 42 yang disabilitas, Tunanetra 36 orang, yang menggunakan Kursi Rosa 6 orang dan ikut pendamping 7 orang," ujarnya di Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, bus yang disediakan tersebut memiliki alat khusus yaitu lift untuk mempermudah masuknya kursi roda yang digunakan para kaum disabilitas.

Budi juga menjelaskan saat ini kaum disabilitas yang diberangkatkan berasal dari Asosiasi Mudik Ramah Anak dan Disabilitas (MRAD). Untuk ke depannya, para kaum disablitas yang mendaftar secara pribadi juga bisa mendapatkan mudik gratis ini.

"Ini kan baru pertama kali, jadi kita berikan kepada kaum disabilitas yang berada dalam naungan Asosiasi MRAD namun untuk ke depannya ketika mudik lebaran, penyandang disabilitas yang mendaftar secara pribadi juga bisa," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com