Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susun Resolusi 2020, Jangan Lupakan 6 Tujuan Keuangan Ini

Kompas.com - 25/12/2019, 11:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Tahun 2019 bakal segera berakhir dan tahun 2020 segera datang. Jelang pergantian tahun, menyusun resolusi menjadi rutinitas bagi banyak orang.

Resolusi berisi hal-hal yang ingin dicapai pada tahun yang baru. Resolusi tak harus berupa hal-hal yang muluk atau ambisius, namun bisa juga hal-hal kecil yang memberikan dampak besar bagi kehidupan.

Nah, dalam menyusun resolusi, jangan lupakan sejumlah tujuan keuangan yang dapat membuat kondisi finansial Anda semakin moncer di tahun 2020.

Baca juga: 6 Tips Finansial Ini Bisa Jadi Resolusi Anda Sambut Tahun Baru

Dikutip dari Reader's Digest, Rabu (25/12/2019), berikut ini 6 tujuan keuangan yang harus dimasukkan ke dalam resolusi 2020 Anda.

1. Berkomitmen membicarakan keuangan dengan pasangan setiap minggu

Apabila Anda menggabungkan keuangan rumah tangga dengan pasangan, maka kesuksesan finansial Anda bergantung pada kesepakatan bersama terkait prioritas dan rencana. Salah satu cara untuk mencapai kesepakatan itu adalah menjadwalkan pembicaraan mengenai keuangan.

Perencana keuangan memandnag, idealnya pembicaraan dilakukan seminggu sekali, mengingat kesibukan Anda maupun pasangan.

"Saya dan istri membuat kesepakatan bersama untuk duduk berdiskusi setiap Minggu malam setelah putri kami tidur dan mengecek kondisi keuangan sepekan terakhir dan sepekan ke depan," kata Andy Garrison, perencana keuangan senior di Mariner Wealth Advisors.

Baca juga: Terapkan 3 Hal Ini agar Resolusi Finansial Tak Hanya Jadi Wacana

2. Mencoba menabung tanpa mengorbankan banyak hal

Pakar keuangan pribadi Manisha Thakor mengungkapkan, setiap tahun ia senang mencermati satu atau dua kategori pengeluaran yang bisa dikurangi alokasinya sehingga ia bisa menabung lebih banyak.

Adapun untuk tahun 2020, kategori yang ia maksud adalah perawatan diri. Setelah mencermati kategori itu dalam susunan anggarannya, Thakor menyadari bahwa ia mengeluarkan uang terlalu banyak untuk mengecat rambut di salon profesional.

"Saya akan menangani hal ini dengan mengganti salon yang menawarkan harga hampir dari separuh," ungkap Thakor.

3. Melacak semua pengeluaran dengan aplikasi di ponsel

Meski saat ini banyak aplikasi pada ponsel yang menawarkan solusi pelacakan pengeluaran maupun perencanaan keuangan, namun masih banyak orang yang memilih melacak keuangan dengan cara tradisional, yakni ditulis di buku catatan.

"Saya melacak semua pengeluaran dengan mencatatnya di kertas yang ada di dompet saya, kemudian memindahkannya ke Excel sebulan sekali," ungkap Thakor.

Cara ini memang bermanfaat. Namun, apa yang terjadi bila catatan yang sudah disimpan malah hilang?

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mulai melacak semua pengeluaran dan anggaran melalui aplikasi tnag bisa diunduh pada ponsel.

Baca juga: Ingin Atur Keuangan? Gunakan 4 Macam Aplikasi Ini di Ponsel Anda

4. Menutup 'kebocoran' anggaran rumah tangga

Setiap orang pasti memiliki 'kebocoran' kecil pada anggarannya setiap bulan. Meski kerap tak disadari dan tak dirasakan, namun kebocoran itu sebenarnya bisa dihindari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com