Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Seleksi 82 Usulan untuk Proyek Strategis Nasional

Kompas.com - 27/12/2019, 14:45 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) kembali menerima 82 proyek baru yang diusulkan masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Adapun berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018, Proyek Strategis Nasional (PSN) terdiri dari 223 proyek dan 3 program dengan total nilai investasi mencapai Rp 4.202 triliun.

Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo mengatakan, pihaknya bakal menyeleksi lebih lanjut 82 proyek baru yang diusulkan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pihak swasta sebelum memasukkannya dalam PSN.

"Belum masuk (PSN). Sama seperti proses sebelumnya, usulan kita akan kaji. (Dalam) daftar ada 223 yang akan kami selesaikan. Kalau ada usulan 82 proyek akan kami seleksi mana yang benar kasih manfaat maksimal," kata Wahyu di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Baca juga: Tahun Ini, Pemerintah Rampungkan 30 Proyek Strategis Nasional

Wahyu menuturkan, KPPIP punya kriteria tersendiri sebelum memasukkan usulan itu ke dalam PSN.

KPPIP akan melihat konektifitas dari infrastruktur yang dibangun dan melihat proyek yang kemungkinan bisa selesai hingga akhir periode pemerintah Presiden Jokowi pada 2024.

"Kami ada kriteria, contohnya coba cari project yang selesai 2024. Kedua, kami melihat konektifitas dengan infrastruktur yang sudah dibangun, apakah ada pusat kegiatan ekonomi yang perlu kit pertimbangkan. Supaya kasih dampak yang positif," ujar Wahyu.

Wahyu bilang, penyusunan kriteria untuk 82 proyek usulan berdasarkan masukan dari Menko Perekonomian. Nantinya kriteria dan proyek baru yang masuk dalam kriteria akan dipresentasikan ke Menko Perekonomian dan dibahas dalam Rapat Terbatas (Ratas).

"Menko bilang kemungkinan kita harus susun kriteria, kita presentasikan ke Menko, dan tentunya akan dibawa ke Ratas karena perlu Perpres untuk memasukkan PSN (baru) itu," jelas Wahyu.

Sebagai informasi, hingga akhir 2019 KPPIP kembali merampungkan 30 Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan total nilai investasi Rp 165,3 triliun pada 2019.

Rampungnya 30 PSN menambah deretan proyek yang pengerjaannya telah selesai sejak 2016 lalu. Secara kumulatif sejak 2016 hingga Desember 2019, telah rampung 92 PSN dengan total nilai investasi Rp 467,4 triliun.

Baca juga: Pemerintah Incar Investor Asing Kembangkan 3 Bandara dan Proyek Rel KA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com