Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Tren di 2020; Milenial Lakukan Rentvesting, Apa itu?

Kompas.com - 31/12/2019, 09:10 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

SYDNEY - KOMPAS.com - Tahun 2020 tampaknya tren milenial cari rumah bakal semakin tinggi.

Di Amerika Serikat misalnya, data Biro Sensus AS menunjukkan lebih dari sepertiga milenial di negeri itu AS sudah memiliki rumah. Sementara di Inggris, hampir seperempat milenial di London juga sudah memiliki rumah.

Di sisi lain, para milenial yang saat ini masih mencari rumah akan bergulat pada kenaikan harga rumah dengan pendapatan yang cenderung masih tetap.

Sementara milenial lainnya melakukan rensvesting, yakni membeli rumah dengan harga terjangkau di lokasi yang diperkirakan bakal terus berkembang sebagai investasi. Namun mereka masih tetap menyewa rumah di lokasi strategis sebagai tempat tinggal utama.

Dan manakala harga rumah yang dibeli sudah makin tinggi, mereka menjualnya dan kemudian membeli rumah impian mereka.

Baca juga: Milenial, Kini Beli Rumah Subsidi Bisa Lewat Aplikasi

Menurut situs properti online Australia Domain, gagasan untuk memiliki properti investasi memang sudah ada selama bertahun-tahun. Tetapi kini semakin banyak milenial yang menunda pembelian rumah untuk dihuni, dan menyewa rumah dengan harga rendah.

"Kami melihat bahwa saat ini ada banyak orang yang cenderung melakukan gagasan rentvesting," kata editor Australia Domain, Daniel Butchovich, seperti mengutip CNBC.com, Senin (30/12/2019).

Sementara tren yang sangat populer di kalangan profesional muda di kota-kota besar Australia adalah berkaitan dengan daya tarik dari pasar real estate, Dan, menurut Butchovich, hal tersebut sangat bermanfaat.

"Satu, Anda bisa tinggal di tempat yang Anda inginkan. Dua, uang Anda digunakan untuk investasi,” kata Butchovich.

Baca juga: Generasi Milenial Perlu Investasi Emas, Ini Alasannya

Butchovich mengatakan, lima tahun dari sekarang, Anda dapat menjual properti itu dan menggunakan hasil dan tabungan lain yang Anda punya untuk membeli rumah impian.

Namun, rentvesting bukan tanpa kesulitan, Butchovich mencatat ada banyak rintangan bagi para pembeli rumah pertama kali. Biasanya rentvestor baru, akan mensapatkan biaya pinjaman dengan hipotek lebih tinggi.

Berikut adalah 5 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil rumah yang akan disewa, yakni :

1. Ketahui jumlah dana

Dalam pembelian properti, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa rentvesting mencukupi cakupan biaya dan masuk akal dalam kondisi finansial Anda.

Anda harus memastikan bahwa Anda dapat menutupi biaya awal, seperti uang muka 10 persen sampai dengan 20 persen dari harga pembelian rumah. Meskipun seringkali hal itu lebih kepada pembelian dan biaya-biaya tambahan dan hipotek bulanan.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com