Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Sejumlah Perjalanan Kereta Terganggu

Kompas.com - 01/01/2020, 09:35 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyatakan, terjadi gangguan perjalanan kereta api akibat jalur yang terkena banjir.

 

Berdasarkan dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (1/1/2020)  area jalur rel yang terimbas antara lain, KM 9+700 lintas antara Rawa Buaya-Batu Ceper dengan ketinggian air mencapai 8 cm di atas kop rel. Ini berdampak pada perjalanan KA Bandara dan KRL Relasi Tangerang-Duri, hingga pukul 07.50 WIB belum dapat dilalui dan sejumlah perjalanan KRL dan KA Bandara dibatalkan.

Lalu area KM 28+7 lintas antara Bekasi-Tambun berdampak pada kelambatan kedatangan perjalanan KA Jarak Jauh dan KRL yang harus mengurangi kecepatan saat melalui lokasi.

Baca juga: 2020, Pemerintah Subsidi Angkutan Kereta Api Rp 2,67 Triliun

Area KM 2+7/8 terdapat genangan air antara Manggarai sampai dengan Tanah Abang. Lintas tersebut masih dapat dilalui namun kecepatan perjalanan KA dibatasi saat melintas dilokasi.

Sementara area KM 17+4 lintas antara Pondok Ranji sampai Kebayoran ketinggian air mencapai 20 cm di atas kop rel dan berdampak pada perjalanan KRL yang belum dapat dilalui sehingga perjalanan KRL dari Parung Panjang/Serpong/Maja/Rangkasbitung hanya dapat dioperasikan sampai dengan Pondok Ranji dan perjalanan KA dari arah Stasiun Tanah Abang belum dapat dilakukan.

Atas kondisi sejumlah prasarana yang terkena banjir tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api, PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah langkah berupa perubahan pola operasi hingga pembatalan perjalanan.

Baca juga: Ini Perbandingan Tarif 4 Kereta Bandara di Indonesia

Adapun untuk keberangkatan KA Jarak Jauh baik dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir tidak mengalami keterlambatan.

Meski demikian PT KAI Daop 1 tetap mengimbau agar para pengguna jasa KA Jarak Jauh dapat mengatur keberangkatannya lebih awal menuju stasiun agar tidak tertinggal kereta mengingat sejumlah ruas jalan raya juga terdapat titik banjir.

Hingga kini seluruh tim PT KAI Daop 1 Jakarta terus melakukan pemantauan kondisi dilintas untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api di sejumlah area jalur rel yang terdampak banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com