Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per November 2019, Jumlah Kunjungan Wisman Hanya 14,92 Juta Orang

Kompas.com - 02/01/2020, 19:15 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 14,92 juta kunjungan pada Januari-November 2019.

Angka tersebut naik 3,55 persen jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2018 yang berjumlah 14,40 juta kunjungan.

"Sepanjang Januari sampai November 2019, jumlah kunjungan wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara (pesawat) sebanyak 9,03 juta kunjungan," kata Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Kamis (2/2/2020).

Baca juga: Gubernur NTT Sebut Wisatawan Miskin Tak Boleh ke Labuan Bajo, Ini Maksudnya

Sementara wisman yang masuk lewat pintu masuk laut (kapal) sebanyak 3,84 juta kunjungan, dan pintu masuk darat sebanyak 2.05 juta kunjungan.

Meski begitu, seperti disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, kunjungan wisman pada 2019 tak capai target.

Sebelumnya ia menyebut, jumlah wisman yang datang ke Indonesia hanya akan mencapai 16,3 juta. Sementara target pemerintah sebanyak 18 juta wisman.

Baca juga: Wishnutama Ingin Harga Tiket Pesawat Bisa Lebih Murah

Untuk itulah pihaknya saat ini tengah berupaya untuk bisa meningkatkan jumlah wisman tahun depan.

Salah satu caranya adalah dengan menurunkan harga tiket pesawat. Sebab dia menilai harga tiket pesawat yang mengalami peningkatan tajam sejak awal tahun menjadi salah satu penyebab jumlah wisatawan asing yang menyambangi RI mentok di 16 juta.

Baca juga: Simak, Ini Cara Klaim Asuransi Mobil yang Rusak karena Banjir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com