Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Kasus Tak Mengenakkan Dialami Penumpang Garuda

Kompas.com - 07/01/2020, 10:11 WIB
Muhammad Idris,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jessica, seorang penumpang Garuda Indonesia dikabarkan mendapatkan perlakukan tak mengenakkan dari salah satu pilot. Kejadian itu terjadi ketika dirinya naik pesawat GA 404 rute Jakarta-Denpasar.

Dia bersama dengan suami dan tiga anaknya duduk di kelas bisnis. Lewat kicauan di akun Twitter-nya, Jessica mengaku sempat ditahan oleh lounge attendant Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Petugas lounge attendant menahan Jessica setelah diperintahkan oleh pilot pesawat GA 404. Alasannya, suaminya melakukan penghinaan pada Garuda.

Rentetan kejadian ini menambah daftar para penumpang maskapai full service ini dalam beberapa bulan terakhir.

Berikut daftar penumpang yang mengalami kejadian tak menyenangkan dalam penerbangan Garuda Indonesia.

1. Youtuber dilaporkan ke polisi

PT Garuda Indonesia melaporkan dua YouTuber Rius Vernandes dan Elwiyana Monica karena telah mengunggah foto kartu menu kelas bisnis yang hanya ditulis tangan di Instastory akun Instagram @rius.vernandes pada medio Juli tahun lalu.

"Benar. Ada laporan dari Garuda dan saat ini kami mengundang para saksi untuk didengar keterangannya," ujar Kapolresta Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Victor Togi Tambunan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Dalam Instagram pribadinya, Rius mengunggah foto surat undangan polisi sebagai saksi dalam kasus ini. Dalam unggahan tersebut Rius menambahkan keterangan sebagai berikut:

"Guys gue sama Elwi dapat panggilan dari polisi mengenai masalah ini. Kami dilaporkan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik. Gw yakin kalian tau gw TIDAK ADA maksud sama sekali untuk mencemarkan nama baik siapa pun.," tulis Rius dalam akun Instagramnya. 

Rius dilaporkan ke Polres Bandara Soetta oleh Serikat Karyawan Garuda. Belakangan setelah kasusnya mencuat heboh, laporan tersebut dicabut kembali dan permasalahan diselesaikan secara kekeluargaan.

Baca juga: Youtuber Rius Vernandes Sudah Bertemu Garuda Indonesia

2. Burung kacer hilang

Seorang penumpang Garuda dari Jakarta ke Pontianak, Kalimantan Barat, Rendy Lesmana, mengaku kehilangan seekor burung kicau berjenis kacer seharga Rp 150 juta yang disimpan di bagasi pesawat.

Burung itu, merupakan salah satu burung kicau yang dibawa Rendy ke Jakarta dari Pontianak, untuk mengikuti kontes kicau mania, Kamis (12/12/2019) silam.

Rendy terbang dari Jakarta ke Pontianak, Selasa (17/12/2019) kemarin, dengan membawa 8 ekor burung yang terdiri dari 3 jenis burung, murai 3 ekor, kacer 2 ekor, dan burung love bird 3 ekor.

"Pesawatnya pukul 18.15 WIB. Sampai di Pontianak sekitar pukul 20.00 WIB, dan langsung menuju antrean bagasi," kata Rendy.

Namun, setelah semua sangkar diperiksa satu per satu, burung kacer sudah tidak ada. Kondisi bagian atas sangkar juga rusak dan masih berbungkus kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com