Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM Naik 16 Persen Selama Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 09/01/2020, 09:58 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) PT Pertamina (Persero) hari ini, Kamis (8/1/2020), resmi ditutup dan tercatat kenaikan konsumsi BBM gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series) wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat naik 16 persen.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, wilayah Pertamina Marketing Operation Region (MOR) DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat mencatat kenaikan konsumsi tertinggi BBM untuk jenis gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series) pada puncak Nataru (21 - 24 Desember 2019).

Kenaikan tersebut di masing-masing wilayah meningkat 16 persen dibanding konsumsi normal 27,9 ribu kiloliter (KL) per hari. Sementara pada arus balik, yakni 4 Januari 2020, tercatat kenaikan sebesar 9 persen.

“Berdasarkan tren Satgas Nataru tahun 2018, kami mengantisipasi kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap BBM, LPG, maupun Avtur sesuai dengan mobilitas masyarakat terutama di wilayah Jawa bagian Barat,” kata Dewi melalui siaran resmi Pertamina.

Sementara itu, pada BBM jenis Gasoil (Solar dan Dex Series) naik 13 ersen pada 22 Desember 2019. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi untuk Gasoil pada masa Satgas.

Pada arus balik, pengguna Gasoil tercatat naik signifikan pada puncak arus balik, yakni 7 Januari 2020, sebesar 10 persen atau sampai dengan 12.000 KL per hari.

Untuk konsumsi elpiji, Dewi mengungkapkan, konsumsi puncak terjadi pada 23 Desember 2019, ketika konsumsi elpiji subsidi 3 kilogram (kg) naik 25 persen menjadi 8.000 metrik ton (MT) per hari.

“Hal ini sudah kami persiapkan mengingat untuk kebutuhan masyarakat dalam memasak menjelang hari Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Untuk Avtur, kenaikan puncak terjadi pada 22 Desember 2019 dan 5 Januari 2020, saat masing-masing meningkat sebesar 9 persen dari konsumsi normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com