Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kategori Produk yang Paling Dicari di E-Commerce 2019

Kompas.com - 09/01/2020, 16:59 WIB
Wayan A. Mahardhika,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu platform e-commerce Indonesia yakni Tokopedia merilis tren belanja online Indonesia pada 2019. Kategori fashion merajai produk paling dicari di belanja online Indonesia.

Menurut data internal Tokopedia, lima kategori paling populer di tengah masyarakat sepanjang 2019 adalah Fashion, Rumah Tangga, Handphone dan Tablet, Elektronik, dan Kesehatan.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan untuk tahun ini belanja online di luar pulau jawa juga semakin meningkat.

Baca juga: 2020, Impor via E-commerce Mulai Rp 42.000 Dipajaki, Ini Hitungannya

"Kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat, Hal ini tampak salah satunya dari signifikansi peningkatan jumlah penjual maupun pembeli di luar pulau Jawa sepanjang 2019," ucap Nuraini dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/1/2020).

Riset Tokopedia sendiri mengungkapkan bahwa lima daerah Indonesia dengan pertumbuhan penjual paling tinggi, antara lain Sulawesi Utara, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Utara.

Kemudian, lima daerah Indonesia dengan pertumbuhan pembeli paling tinggi, yaitu Aceh, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Adapun transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2019 terjadi antara pembeli di Papua yang membeli produk cincin batu kecubung api dari penjual di Aceh.

Baca juga: Ada PP E-commerce, Teten Sebut UMKM Akan Dapat Kemudahan Izin Usaha

 

Sebaliknya, Tokopedia juga mencatatkan adanya transaksi produk sepatu olahraga merek lokal antara pembeli di Aceh dengan penjual di Papua.

Kemudian pembelian terakhir di 2019 dan pertama di 2020, Tokopedia mencatatkan barang terakhir yang dibeli di 2019 adalah diska lepas USB (USB flash drive).

Di sisi lain, barang pertama yang dibeli di awal 2020 merupakan produk lokal, yaitu tas rotan bermotif lukis khas Bali.

Hingga Kini, sudah ada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia yang tersebar di 97 persen kecamatan di Indonesia.

Baca juga: Jokowi Kesal Harga Gas Industri Mahal, Ini Kata SKK Migas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com