Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Bergairah, Rupiah Dibuka Menguat Signifikan

Kompas.com - 10/01/2020, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Jumat (10/1/2020) kembali menguat signifikan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 9.11 WIB, rupiah menguat pada level Rp 13.804 per dollar AS atau menguat 50 poin sebesar 0,36 persen dibanding penutupan Kamis Rp 13.854 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pelaku pasar saat ini kembali kepada aset beresiko usai ketegangan AS dan Iran mereda.

"Meredanya ketegangan Timur Tengah untuk saat ini menjadi pendorong pelaku pasar kembali ke aset berisiko termasuk rupiah," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Fokus Pasar Beralih dari Iran Vs AS, Rupiah Kembali Bangkit

Menurutnya, fokus pasar juga beralih ke rencana penandatanganan kesepakatan dagang antara AS dan China pekan depan membuat rupiah kembali bangkit.

"Optimisme soal hubungan dagang AS Tiongkok setelah Tiongkok mengonfirmasi jadwal penandatanganan kesepakatan dagang fase 1 yakni tanggal 15 Januari. Ini membantu penguatan aset berisiko termasuk rupiah," tegasnya.

Ariston memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.800 per dollar AS sampai dengan Rp 13.820 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com