Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluar dari Urusan Kerajaan, Pekerjaan Apa yang Cocok untuk Meghan dan Harry?

Kompas.com - 13/01/2020, 12:47 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NEWYORK, KOMPAS.com - Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan Markle dikabarkan keluar dari tugas kerajaan Inggris dan berencana mandiri secara finansial. Namun belum dijelaskan, pekerjaan apa yang akan mereka lakukan agar bisa mandiri finansial.

Berbagai pekerjaan seperti kontrak proyek buku, jadi pembicara di berbagai acara, dan bisnis di media sosial nampaknya cocok untuk pasangan itu. Sebab, keputusannya keluar dari kerajaan mendorong mereka menjadi bintang super.

Dikutip CNN, Senin (13/1/2020), CEO konsultasi penilaian brand (merek) dari Brand Finance mengatakan, Meghan bahkan bisa saja kembali ke layar dan mengasah aktingnya.

"Dengan bakat dan jaringan akting Meghan, mungkin sudah ada kesepakatan film atau buku Hollywood," kata David Haigh.

Baca juga: Ini Biaya yang Dihabiskan untuk Royal Wedding Harry-Meghan

Memang, keluarnya mereka dari kerajaan Inggris berpotensi membuka peluang pendapatan baru. Lalu, pekerjaan di bawah ini dinilai cocok dijalani mereka.

1. Berbasis digital

Pengumuman mengejutkan yang datang dari Pangeran Harry dan Meghan Markle yang salah satunya diumumkan melalui instagram resmi Sussex Royal mengundang perhatian.

Instagram Sussex Royal yang memiliki 10,4 juta pengikut dibanjiri oleh komentar warganet yang membicarakan kehadiran mereka. Hal ini menjadi salah satu pilihan jaringan pendapatan potensial mereka, mengingat kerajaan Inggris memang selalu menjadi sorotan.

Dengan media sosial, dia bisa menpromosikan atau memberikan pengalaman penggunaan dari brand-brand tertentu yang memang dibutuhkan perusahaan besar. Mereka juga bisa membangun merek sendiri karena memiliki kombinasi seorang seleb dan media sosial.

Sementara itu menurut CEO platform intelijen influencer, CORQ, Sara McCorquodale, Meghan bisa saja menjual barang-barang kreatif yang dibuat orang di negara-negara berkembang sebagai bagian dari filantropi.

Meghan juga memiliki pengalaman dengan blogging gaya hidup, setelah menjalankan situs webnya sendiri, The Tig, selama 3 tahun. Dia memposting resep, ide hadiah, tip untuk perjalanan, kebugaran, dan gaya sebelum menutup blog pada April 2017.

"Bahkan banyak pengecer fesyen melihat permintaan merek membludak dalam waktu cepat setelah Meghan menggunakan jaket atau pakaian yang telah meningkatkan permintaan," kata dia.

Baca juga: Ini 5 Pekerjaan Freelance yang Bergaji Miliaran Rupiah

2. Inspirasi presidensial

Tidak banyak pasangan yang menggabungkan selebriti, jaringan yang kuat, dan kepiawaian media sosial dengan cara yang sama seperti Harry dan Meghan.

Langkah yang diambil keduanya juga pernah diambil oleh Presiden AS Barrack Obama dan Michelle Obama usai keluar dari Gedung Putih. Obama memiliki perusahaan produksi yang memiliki kesepakatan dengan Netflix.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com