Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Venusiana Papasi, Putri Papua yang Jadi Petinggi Baru Telkomsel

Kompas.com - 13/01/2020, 13:40 WIB
Muhammad Idris,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemegang saham PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menunjuk Venusiana Papasi sebagai Direktur Network Telkomsel. Penunjukannya dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Sebagai wajah lama di Telkomsel, Venusiana mengawali karirnya dari bawah. Rekam jejaknya di Telkomsel sebagian besarnya dihabiskan di lapangan menangani pembangunan infrastruktur jaringan seperti Base Transceiver Station (BTS).

Tugasnya terbilang berat. Apalagi membangun jaringan di daerah terpencil butuh usaha sulit. Seperti pembangunan menara-menara BTS di wilayah terluar, lantaran aksesnya yang sulit, sehingga terpaksa harus menggunakan helikopter.

Wanita yang lahir di Papua 55 tahun yang lalu ini pernah menjabat Head of Network Indonesia Timur yang bertanggung jawab pada pengembangan askes telekomunikasi di wilayah-wilayah terpencil di Indonesia Timur di tahun 1999.

Karirnya di Telkomsel juga terbilang melesat cepat. Venusiana sempat menjajal posisi VP Network Operations Telkomsel, dimana dia bertanggung jawab pada seluruh jaringan Telkomsel di seluruh Indonesia.

Baca juga: Profil Setyanto Hantoro, Bos Baru Telkomsel

Jabatan mentereng lainnya yakni saat Venusiana memegang posisi Executive Vice President PT Telkomsel Area Jabodetabek Jawa Barat. Setelah sebelumnya diplot sebagai General Manager Operation Telkomsel Regional IX Sumalirja.

Kerja kerasnya di bidang infrastruktur jaringan telekomunikasi dan kerja kerasnya di Telkomsel selama lebih dari 20 tahun, mendapat perhatian dari Pemerintah RI.

Venusiana meraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan di era Menkominfo Rudiantara tahun 2015. Penghargaan ini diberikan pemerintah sebagai bentuk apresiasi kepada orang-orang yang telah memajukan industri pos dan telekomunikasi yang memberi dampak pada kemajuan bangsa.

Selain itu dalam RUPSLB, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom Indonesia) dan Singapore Telecommunications Ltd. (SingTel) selaku pemegang saham Telkomsel juga menunjuk Setyanto Hantoro sebagai Direktur Utama Telkomsel.

"Pengangkatan Direktur Utama dan Direktur Network Telkomsel yang baru ini dilakukan sejalan dengan strategi perusahaan dalam melanjutkan transformasi perusahaan menjadi telco digital company yang siap mengakselerasikan negeri dengan menghadirkan pemanfaatan teknologi hingga penjuru negeri," ucap VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin melalui keterangannya, Senin (13/1/2020). 

Berikut susunan Direksi Telkomsel yang baru:

Direktur Utama : Setyanto Hantoro
Direktur Sales: Ririn Widaryani
Direktur Finance: Heri Supriadi
Direktur HCM: Irfan A. Tachrir
Direktur Network: Venusiana Papasi
Direktur Planning & Transformation: Edward Ying
Direktur Information Technology: Bharat Alva
Direktur Marketing: Rachel Goh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com