Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fintech Syariah Ini Targetkan Nilai Transaksi di 2020 Capai Rp 800 Miliar

Kompas.com - 14/01/2020, 21:17 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu Fintech Syariah di Indonesia yaitu PT Alami Fintek Sharia (ALAMI) menargetkan transaksi sebanyak Rp 500 miliar-Rp 800 miliar pada tahun ini.

 

Sepanjang tahun 2019 hingga saat ini tercatat jumlah user sekitar 2.500 pengguna sementara dari jumlah sisi blower transaski peminjaman tercatat ada 100 kali transaksi dari delapan bulan kebelakang dengan angka 82 miliar.

CEO Alami, Dima Djani mengatakan untuk mencapai target tersebut pihaknya menjajaki untuk berkolaborasi dengan bank.

"Bisnis bank khususnya bank syariah masih kurang, bank konvensional sudah mulai ngebut tapi bank syariah masih lama. Tapi di tahun 2020 ini kita melihat bank mulai semangat untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan para fintech Syariah," ujarnya di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Dima menjelaskan pihaknya menggunakan sistem credit scoring untuk menentukan keputusan pembiayaan bagi calon penerima pembiayaan baik dari sisi kuantitatif, laporan keuangan dan rekening koran bisnis.

Sementara itu sepanjang tahun lalu, penyaluran pinjaman Fintech Syariah di Indonesia mencapai Rp 1 trliun dan angka ini naik dibandingkan pada tahun 2018 yang hanya Rp 60 miliar.

Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) Ronald Yusuf Wijaya mengatakan saat ini ada 120 fintech Syariah yang ada dan bergabung dengan AFSI. Sementara yang sudah terdaftar di OJK baru berjumlah 12 Fintech.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com