Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Tumbuh 6,1 Persen, Ekonomi China 2019 Terendah dalam 29 Tahun

Kompas.com - 17/01/2020, 11:36 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

BEIJING, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi China pada 2019 tumbuh 6,1 persen. Angka tersebut sesuai dengan kisaran target pemerintah meski sepanjang tahun lalu Beijing tengah diliputi ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat.

Dikuipi dari CNBC, polling analis yang dilakukan oleh Reuters memprediksi ekonomi China akan tumbuh 6,1 persen di 2019, lebih rendah dibanding realisasi pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya yang sebesar 6,6 persen.

Namun demikian, perekonomian ekonomi China tahun ini merupakan yang terendah sejak 1990.

Baca juga: Sah, Kesepakatan Dagang AS-China Resmi Ditandatangani

Meski pun angka Produk Domestim Bruto (PDB) yang dikeluarkan oleh pemerintah China bertujuan untuk menunjukkan kondisi kesehatan ekonomi setempat, namun banyak ahli di luar China yang skeptis terhadap kebenaran laporan tersebut.

Target pertumbuhan ekonomi pemerintah untuk 2019 di kisaran 6 persen hingga 6,5 persen. Namun demikian, Perdana Menteri China Liu He pada Rabu (15/1/2020) sempat mengatakan, perekonomian negara tersebut akan tumbuh lebih tinggi dari 6 persen.

Jika dilihat berdasarkan kuartal, pertumbuhan ekonomi China di kuartal IV 2019 tercatat tumbuh 6 persen berdasarkan data Biro Statistik Nasional setempat. Jajak pendapat yang analis yang dilakukan Reuters pun juga mentakan ekonomi China tumbuh 6 persen sepanjang Oktober hingga Desember 2019.

Baca juga: Meski Tumbuh, Ekonomi Global Harus Hadapi 3 Hambatan

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com