Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Pagi Ini Melemah, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 20/01/2020, 10:05 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali pekan, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot masih berada di zona merah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.17 WIB, Senin (20/1/2020), rupiah berada di posisi Rp 13.654 per dollar AS atau melemah 8 poin dibandingkan penutupan Jumat Rp 13.646 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, ada beberapa faktor yang mendorong pelemahan rupiah.

Baca juga: Rupiah Berpeluang Menguat Sepanjang Hari Ini

Antara lain sentimen ekternal yakni, rilis data ekonomi AS yang tumbuh sesuai dengan harapan pasar setelah rilis data perumahan naik 16,9 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1,61 juta unit pada bulan Desember, jauh di atas perkiraan ekonom untuk 1,38 juta dan kenaikan terbesar dalam 13 tahun.

"Sentimen pada ekonomi juga didukung oleh tanda-tanda yang sedang berlangsung bahwa konsumen tetap dalam kondisi yang baik," katanya kepada Kompas.com.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump dalam pertengahan bulan Januari ini akan dihadapkan dengan inpecement yang akan di lakukan oleh senet yang akan dibawa ke kongres AS, sehingga menjadi ketegangan tersendiri di kalangan dalam negeri pemerintah AS.

Di sisi lain, pasar juga menanti langkah sanksi baru apa yang diumumkan AS baru kepada Iran terkait pengayaan uranium dan tudingan Teheran sengaja menyerang fasilitas AS di Irak dan jatuhnya pesawat komersial Ukraina yang menewaskan 170 orang.

Baca juga: Akhir Pekan, Rupiah Ditutup Loyo

Kemudian, usai negosiasi perang dagang AS China, pasar menanti kelanjutan negosiasi AS dan Uni Eropa.

"Sinyal positif ini mengemuka usai adanya pembicaraan yang dilakukan terkait keinginan Komisi Uni Eropa untuk melakukan menegosiasikan sengketa perdagangan terbuka dengan AS," sebutnya.

Negosiasi kedua wilayah diharapkan menjadi langkah baik dalam memecahkan masalah-masalah seperti pajak digital Perancis dan subsidi industri dirgantara.

Sementara dari faktor internal, Bank Indonesia (BI) akan kembali melakukan intervensi di pasar valas dan obligasi di perdagangan DNDF.

"Dan kondisi global ini sdh di antisipasi sebelumnya oleh Bank Indonesia, sehingga dengan sigap dan melakukan penjagaan ketat dan ekstra waspada terhadap mata uang garuda," kata dia.

Ibrahim memproyeksikan, rupiah akan bergerak pada level Rp 13.625 per dollar AS sampai dengan Rp 13.700 per dollar AS hari ini.

Baca juga: Luhut: Dulu Orang Marahin Saya karena Ngomong Rupiah Bakal Menguat...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com