Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo III Segera Bangun Pelabuhan Multipurpose di Labuan Bajo

Kompas.com - 20/01/2020, 15:21 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III bersama Kementerian Perhubungan akan membangun pelabuhan multipurpose pertama di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengungkapkan, perusahaan yang dipimpinnya ditunjuk langsung oleh Kementerian Perhubungan untuk membangun serta mengelola pelabuhan tersebut.

Lokasi pembangunan dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Senin (20/1/2020) ini.

“Pelindo III akan menginvestasikan insfratruktur untuk kebutuhan bongkar muat kapal di sini, baik curah cair maupun peti kemas. Sejauh ini secara persiapannya sudah matang. Tahun ini kami akan langsung melakukan pembangunan. Prediksinya, kapasitas pelabuhan ini bisa terus bertambah dari awalnya 4000 TEUs hingga mencapai 100.000 TEUs per tahun ke depannya,” papar Doso Agung dalam keterangan resmi, Senin.

Baca juga: Pemerintah Gelontorkan Rp 200 Miliar Bangun Tahap Pertama Pelabuhan Logistik di Labuan Bajo

Dalam kunjungannya ke Labuan Bajo, Joko Widodo mengatakan pembangunan pelabuhan ini diharapkan bisa berdampak langsung pada masyarakat di Labuan Bajo.

Oleh karena itu Joko Widodo meminta agar pembangunan pelabuhan multipurpose ini bisa segera dilakukan dan paling lambat akhir tahun ini sudah mulai bisa beroperasi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sela kegiatan saat mendampingi kunjungan presiden mengungkapkan jika pembangunan pelabuhan ini memang dirancang untuk meningkatkan ekonomi di Labuan Bajo.

Pelabuhan multipurpose Labuan Bajo sendiri merupakan pelabuhan khusus logistik pertama di wilayah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang akan dilengkapi sejumlah fasilitas di antaranya dua dermaga utama yaitu dermaga multipurpose dan dermaga curah cair.

Selain itu, pelabuhan ini juga akan dilengkapi lapangan penumpukan peti kemas/non petikemas hingga area perkantoran. Pelabuhan ini dipersiapkan untuk melayani kapal curah cair dan petikemas dengan bobot 5.000-10.000 DWT dengan luas pelabuhan mencapai kurang lebih 6 hektare.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com