Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Tarif Ojek Online akan Diputuskan Pekan Depan

Kompas.com - 21/01/2020, 16:54 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akan memutuskan soal naik atau tidaknya tarif ojek online pada pekan depan.

Pada minggu ini, Kemenhub akan melakukan rapat evaluasi dengan pengemudi, aplikator dan YLKI terkait tarif ojek online.

“Kita maunya enggak terlalu lama. Misal Jumat kita rapat, Senin kita serahkan ke Pak Menteri (Budi Karya Sumadi). Pekan depan insyaallah (keputusan soal tarif ojek online sudah diputuskan),” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kemenhub Ahmad Yani di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Yani menjelaskan, dalam penyesuaian tarif ini pihaknya akan mendengar masukan dari sejumlah pihak. Terutama, masukan dari YLKI selaku perwakilan dari masyarakat.

“Setelah keluar angkanya, nanti dibahas bersama dengan YLKI yang mewakili pengguna. Ini penting sekali apakah kemampuan membayar masyarakat memenuhi perubahan tarif tersebut,” kata Yani.

Baca juga: YLKI Sebut Layanan Pengaduan Aplikator Ojek Online Lambat

Yani menambahkan, evaluasi tarif ini dilandasi dari permintaan pengemudi. Salah satu faktor kenaikan tarif ojek online, yakni terkait kenaikan tarif iuran BPJS Kesehatan.

“Komponen yang naik BPJS (Kesehatan), UMR naik, tapi di satu sisi bensin Pertalite turun. Ini komponen utama kenapa teman-teman (pengemudi) mengusulkan tarif naik,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com