Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Merebak, Perusahaan Global Batasi Perjalanan Bisnis ke China

Kompas.com - 28/01/2020, 16:07 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Facebook Inc dan sejumlah perusahaan global lainnya termasuk LG Electronik dan Standard Chartered Plc mulai membatasi perjalanan ke China. Ini dilakukan setelah jumlah kematian akibat virus corona mencapai 106 pada Selasa (28/1/2020).

Sejumlah maskapai juga sudah lebih dulu membatalkan penerbangan dan menyesuaikan jadwal karena semakin banyak negara yang meningkatkan peringatan perjalanan, tidak hanya ke Provinsi Hubei, tetapi juga ke seluruh China.

Amerika Serikat (AS) memperingatkan kepada warganya yang ingin ke China untuk mempertimbangkan kembali rencana tersebut. Sementara Korea Selatan mengeluarkan travel warning agar warganya tidak mengunjungi China untuk sementara waktu.

Baca juga: Virus Corona Bikin Ritel Ternama hingga Produsen Barang Mewah Meringis

Nah untuk perusahaan, Facebook menjadi perusahaan besar pertama yang mengumumkan penundaan perjalanan setelah pemerintah AS mengeluarkan peringatan.

Perusahaan media sosial asal Negeri Paman Sam tersebut meminta karyawan untuk menghentikan perjalanan yang tidak penting ke China dan mengatakan kepada karyawan yang sudah berada di China untuk bekerja di rumah.

"Kami sangat berhati-hati, kami telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan kami," kata juru bicara Facebook kepada Reuters.

Sementara perusahaan elektronik asal Korea Selatan LG Electronic telah melarang karyawannya melakukan perjalanan ke China. Sementara bagi yang sedang melakukan perjalanan bisnis ke Negeri Panda tersebut diminta untuk segera kembali secepatnya.

Baca juga: Erick Thohir Soal Isu Penggulingan: Jabatan Setiap Saat Bisa Diambil

Pembuat chip Korea Selatan SK Hynix Inc juga mengumumkan kepada karyawan untuk menghindari semua perjalanan tidak penting ke Negeri Tirai Bambu. Setali tiga uang Standard Chartered turut membatasi perjalanan ke daratan China dan Hong Kong.

Di Jerman, Webasto, perusahaan yang memiliki 11 situs di China, termasuk di Wuhan, telah menghentikan semua perjalanan perusahaan ke dan dari China setelah virus yang mirip flu ini ditemukannya di Jerman.

Honda Motor Co Ltd dari Jepang pun mengeluarkan merekomendasikan agar karyawan untuk tidak bepergian ke China. Sementara Nissan Motor Co berencana untuk mengevakuasi staf Jepang dan keluarganya yang berada di Wuhan melalui penerbangan yang disewa pemerintah. (Anna Suci)

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN, dari Telkom hingga Nindya Karya

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sejumlah perusahaan global keluarkan larangan berkunjung ke China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com