Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekhawatiran Mereda, Rupiah Diprediksi Menguat Hari Ini

Kompas.com - 29/01/2020, 09:12 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Rabu (29/1/2020) mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.17 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.632 atau menguat 12 poin sebesar 0,09 persen dibanding penutupan Selasa Rp 13.644 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan rupiah diproyeksikan menguat hari ini seiring meredanya kekhawatiran pasar akan wabah virus corona.

Baca juga: Luhut: Dampak Negatif Virus Corona ke Investasi Belum Terasa

"Pelemahan rupiah terhadap dollar AS kemungkinan tertahan hari ini karena aset-aset berisiko di emerging markets mulai menguat pagi ini seiring dengan meredanya kekhawatiran pasar terhadap penyebaran virus corona," kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston menyebut pasar kini tengah beralih fokus kepada kebijakan moneter AS yang bakal diputuskan dini hari nanti. Namun ada banyak analis yang memproyeksikan bahwa The Fed bakal menerapkan kebijakan moneter yang longgar.

"Dengan kebijakan moneter yang longgar akan mendorong pelemahan dollar AS" katanya.

Ariston mengatakan pelemahan dollar AS bisa membawa rupiah pada level Rp 13.600-an. Ia memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini akan bergerak pada level Rp 13.600 per dollar AS sampai dengan Rp 13.650 per dollar AS.

Baca juga: Virus Corona Bikin Ritel Ternama hingga Produsen Barang Mewah Meringis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com