Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Memilih Asuransi, Lakukan Hal Penting Ini

Kompas.com - 29/01/2020, 14:37 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini masih banyak orang yang tidak sadar akan betapa pentingnya asuransi dalam kehidupan, baik dari kalangan milenial hingga orang tua.

Chief Marketing Officers Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan, sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki asuransi untuk memproteksi diri dalam jangka panjang.

"Penting sekali, ketika kita memiliki bisnis, punya anak dan keluarga ketika ada masalah atau kecelakaan nanti kita bisa memproteksi sejak dini," ujarnya usai peluncuran produk asuransi jiwa berjangka Joint Life Care di Jakarta, Rabu (28/1/2020).

Baca juga: Lima Tahun Terakhir, Kinerja Industri Asuransi Positif

Lebih lanjut, Karin mengatakan ada hal yang harus diperhatikan untuk memilih asuransi yang tepat.

Pertama, melakukan konsultasi ke salah satu pakar finansial, seperti perencana keuangan Konsultasi juga bisa dilakukan dengan agen asuransi.

Dengan melakukan konsultasi, calon nasabah dapat mengetahui produk apa yang cocok dan apa saja keunggulan produk asuransi tersebut.

"Kalau kita konsultasi kita tahu kebutuhan asuransi yang seperti apa kita butuhkan, tiap orang keadaan dan kebutuhannya kan berbeda, jadi bisa dikonsultasikan dahulu," lanjutnya.

Kedua, buat planning atau perencanaan. Dengan membuat planning atau perencanaan, maka  calon nasabah tahu memilih jangka asuransi yang akan digunakan.

"Setelah berkonsultasi kita bisa buat planning, baik dari segi pendapatan kita berapa persen untuk dana darurat, berapa persen untuk menabung dan berapa persen untuk pembayaran iuran atau premi asuransi," tambah Karin.

Baca juga: Premi Masih Tumbuh, OJK Klaim Industri Asuransi Tak Terimbas Isu Jiwasraya

Karin juga mengatakan, berdasarkan studi HSBC yang dilakukan tahun 2017, ada 71 persen responden yang memiliki tanggungan finansial namun tidak memiliki asuransi untuk proteksi jangka panjang.

Padahal, asuransi sangat diperlukan bilamana hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Oleh sebab itu kita juga memiliki rencana ke depan untuk memberikan literasi terus menerus agar masyarakat dan nasabah kita tahu betapa pentingnya peranan asuransi untuk jangka panjang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com