Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Diproyeksikan Menguat Sepanjang Hari Ini

Kompas.com - 31/01/2020, 09:47 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Jumat (31/1/2020) mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 8.03 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.645 per dollar AS. Rupiah menguat 12 poin sebesar 0,08 persen dibanding penutupan Kamis Rp 13.657 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut munculnya optimisme pasar terhadap wabah Corona yang diyakinkan dapat segera ditanggulangi oleh China, mendorong sentimen positif penguatan aset di negara-negara berkembang (emerging markets).

"Wabah virus corona masih menjadi kekhawatiran pasar. Tapi semalam kekhawatiran mereda setelah WHO menyatakan keyakinannya bahwa China dapat mengendalikan penyebaran virus ini dengan cepat," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Rupiah Hari Ini Melemah terhadap Dollar AS

Dengan masuknya aset berisiko ke emerging market termasuk Indonesia, maka ini bisa menguntungkan dan mendorong penguatan mata uang Garuda hari ini.

"Rupiah bisa ikut menguat hari ini," jelasnya.

Di sisi lain, sentimen positif juga datang dari data indeks manufaktur dan non manufaktur China yang baru saja dirilis pagi ini.

"Kedua data tersebut menunjukkan aktivitas yang masih bertumbuh karena angka indeksnya masih di 50," jelasnya.

Baca juga: Rupiah Dibuka Melemah Tipis

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada level Rp 13.600 per dollar AS sampai dengan Rp 13.650 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com