Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Temukan 36 Kasus Hoaks Virus Corona

Kompas.com - 31/01/2020, 20:51 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menemukan 36 kasus penyebaran informasi tidak benar atau hoaks mengenai Novel Coronavirus hingga saat ini. Oleh karena itu, pemerintah meminta kepada masyarakat agar berhenti menyebarkan hoaks.

"Ada 36 hoaks corona. Total akumulasi sampai sekarang. Stoplah!," kata Menkominfo, Jhonny G Plate ditemui di Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Jhonny menambahkan, hoaks tersebut masih dalam pengawasan pemerintah. Pihaknya akan terus mengedukasi kepada masyarakat agar tak terjebak oleh penyebaran informasi yang tak benar.

"Kita monitor. Kita menjelaskan mana hoaks, mana informasi yang benar," ucapnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk cerdas dalam menyerap informasi. Untuk mengetahui informasi terkait virus Corona bisa melihat langsung website Kementerian Kesehatan.

"Sekarang yang perlu disampaikan stop itu. Kasih tahu masyarakat jangan ikut hoaks. Mengacu saja kepada keterangan resmi pemerintah," ujarnya.

Virus Corona pertama kali diidentifikasi berasal dari Kota Wuhan, China. Adapun virus yang disebut mirip Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) ini telah menjangkiti 9.816 orang pada hari ini. Banyaknya korban meninggal dunia juga meningkat menjadi 213 orang.

Virus ini juga telah merebak ke 12 negara di berbagai benua. Hingga Jumat (31/1/2020) siang, setidaknya 21 negara telah mengonfirmasi penemuan kasus virus 2019-nCoV di wilayahnya. Negara yang baru saja mengonfirmasi penemuan kasus virus ini yaitu Italia, Filipina, dan India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com